Bun Babi Char Siu

Waktu persiapan: 3 jam | Waktu memasak: 1 jam | Porsi: 12

 

BAHAN

Char Siu Pork :
1 pon bahu tanpa tulang babi
1 siung besar bawang putih, kupas
1 ½ sdm gula
¼ sdt bubuk lima rempah
2 sdm saus hoisin
1 ½ sdm madu
2 sdm anggur beras Shaoxing
2 ½ sdm kecap
1 ½ sdt minyak wijen

Pork Bun Filling : 
1 sdm gula
1 secubit garam
1 secubit lada putih
1 sdm kecap
2 sdt saus tiram
1 sdm air
2 sdt minyak canola
2 daun bawang (putih dan bagian hijau), cincang
½ pon babi Char Siu, potong dadu
1 sdm anggur beras Shaoxing
1 ½ sdm tepung maizena, dilarutkan dalam 2 sendok makan air

Adonan : 
4 sdm mentega
10 sdm susu
2 sdt ragi kering (instan) cepat mengembang
2 ½ sdm air hangat
1 telur besar
2 ½ sdm gula
12 ½ oz tepung serba guna
1 telur besar, kocok sebentar
2 sdm madu dicampur dengan 1 sdm air hangat

 

PROSEDUR

Char Siu Pork :
1. Potong strip daging babi dengan ketebalan 1 1/2-inch.
2. Campur sisa bahan dalam mangkuk. Sisihkan sekitar ½ cangkir campuran untuk pengolesan. Masukkan daging babi dan lumuri merata. Tutup dan masukkan kulkas selama 6 jam atau semalaman.
3. Panaskan oven 350 ° C (475 ° F). Lapisi loyang dengan aluminium foil dan letakkan rak panggang di atasnya. Tata irisan daging babi dan panggang selama 30 menit, olesi kedua sisi daging babi dengan bumbu setiap 10 menit. Balikkan juga daging setiap jeda tadi. Keluarkan dari oven. Diamkan selama 10 menit sebelum di-filling.

Pork Bun Filling :
1. Untuk membuat saus penyedap, campur gula, garam, lada putih, kecap, saus tiram, dan air dalam mangkuk kecil. Aduk untuk melarutkan gula dan sisihkan.
2. Panaskan minyak dalam wajan berukuran medium di atas api sedang dan tumis daun bawang. Tambahkan daging babi dan saus penyedap. Biarkan daging mendidih secara menyeluruh. Tangkan anggur beras dan larutan tepung jagung ke dalam didihan daging babi hingga mengental. Masak selama 30 detik, aduk terus, hingga tercampur rata.
3. Pindahkan ke mangkuk dan sisihkan agar dingin merata sebelum digunakan. (Filling dapat dipersiapkan hingga 2 hari sebelumnya, ditutup dengan bungkus plastik, dan dinginkan di kulkas.)

Adonan : 
1. Lelehkan mentega dengan susu dalam panci di atas api sedang. Sisihkan hingga dingin.
2. Masukkan ragi dalam mangkuk kecil, tambahkan air, dan sisihkan selama 1 menit agar lembut. Tambahkan campuran susu tadi dan telur, kocok rata.
3. Campur gula dan tepung dalam mangkuk besar. Buat lubang di tengah dan tuangkan campuran ragi tadi. Perlahan-lahan aduk dengan sendok kayu di seluruh bagian tepung. Kumpulkan dan tepuk adonan menjadi bola. Pindahkan ke permukaan meja dan uleni sekitar 5 menit, atau sampai halus, lembut di ujung jari, dan sedikit elastis. Tekan jari Anda ke dalam adonan; dan adonan harus kembali, dengan lekukan samar yang tersisa.
4. Minyaki sedikit mangkuk bersih dan taruh adonan. Tutup dengan bungkus plastik dan simpan di tempat yang hangat dan bebas udara (misalnya, oven dengan lampu menyala) biarkan mengembang sekitar 45 menit, atau sampai mengembang dua kali lipat.
5. Lapisi 2 loyang dengan kertas roti sebelum meletakkan adonan.
6. Keluarkan adonan dari mangkuk dan letakkan di atas permukaan meja yang telah ditaburi tepung sedikit. Uleni beberapa kali, lalu bagi setengah. Tutupi setengahnya dengan bungkus plastik atau dengan mangkok terbalik agar tidak mengering. Giling adonan menjadi gulungan sebesar 12-inch, dan potong menjadi 8 atau 16 bagian masing-masing untuk roti ukuran medium atau kecil.
7. Gulung perlahan setiap bagian menggunakan tangan Anda menjadi bola dan tekan menjadi lingkaran setebal 1/4-inch. Gunakan penggilling adonan untuk meratakan adonan menjadi lingkaran berdiameter sekitar 2 1/2 inci untuk ukuran kecil atau 3 1/4 inci untuk ukuran medium. Bagian pinggir harus lebih tipis dari yang tengah. Letakkan adonan yang telah selesai dibentuk di atas permukaan meja yang sudah ditaburi tepung.
8. Untuk membentuk bun, pegang adonan dengan tangan sedikit menangkup. Gunakan sendok atau garpu untuk menaruh filling sebanyak 2 sendok teh untuk bun ukuran kecil, atau sekitar 4 sendok teh untuk ukuran medium, pada lingkaran adonan, tekan sangat lembut dan beri jarak 1/2-3/4 inci dari seluruh sisi adonan. Cubit dan pelintir adonan di bagian ujung. Letakkan bun dengan lipatan menghadap bawah pada loyang. Ulangi prosesnya dengan sisa adonan, beri jarak 1-1/2 inci antar adonan pada loyang. Tutupi secara longgar dengan bungkus plastik atau handuk. Simpan di tempat yang hangat, bebas aliran udara selama 30 menit agar mengembang.
9. Untuk memanggang bun, sekitar 10 menit sebelum mengembang berakhir, posisikan rak di bagian tengah oven dan panaskan hingga175 ° C (350 ° F).
10. Kuas bagian atas dan samping bun dengan telur tepat sebelum dipanggang. Gunakan fungsi panas convectional dan panggang bun ukuran kecil sekitar 14 menit dan bun medium sekitar 18 menit, atau hingga coklat keemasan; bun yang matang akan terdengar berongga ketika ditepuk di bagian bawah. Angkat dari oven, letakkan di rak, dan biarkan dingin selama 5 menit. Sapukan campuran madu pada bun untuk memberikan akhir manis-mengkilap serta dapat melunakkan pinggirannya.

FITUR OVEN: KAPASITAS BESAR

Panggang sekaligus beberapa pastry berisi daging babi ini menggunakan oven dengan kapasitas besar seperti Electrolux EKM 9688X. Dengan ruang yang lebar dan fitur multilayer-nya, Anda dapat memanggang dengan proporsi hidangan lebih banyak untuk efisien waktu di dapur.


 
Kirim kepada teman

Kirim kepada teman lainnya

Pratinjau email Hai, kupikir kamu mungkin tertarik pada yang satu ini

Tutup