Cara Mengolah Ati Ampela Supaya Gurih dan Empuk

18.jpg


Ati ampela memang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi dan bisa memicu penyakit kardiovaskular (jantung).,Tapi sebenarnya, jika dikonsumsi secukupnya, jenis makanan yang satu ini memiliki sederet kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dilansir dari laman situs halodoc.com, ati ampela mengandung beberapa nutrisi seperti protein, zat besi, mineral seng, dan vitamin A dan vitamin B12.

Ati ampela menjadi salah satu jeroan ayam yang cukup sering diolah, entah digoreng, direbus, atau dibakar. Tekstur halus dari ati yang berpadu dengan kekenyalan ampela membuatnya digemari pecinta makanan berbahan dasar jeroan. Di sisi lain, menangani ati ampela juga harus hati-hati karena bagian ayam tersebut punya bau amis yang sukar dihilangkan.

Nah, buat Anda yang berencana memasak ati ampela, berikut ini ada tip-tip yang bisa dicoba supaya rasanya gurih dan empuk.

Menangani ati ampela sebelum dimasak

Beberapa orang kurang menyukai ampela karena teksturnya alot, bahkan keras kalau terlalu lama Anda masak. Maka untuk membuatnya lembut, rebus terlebih dahulu ampela. Lantas mengukusnya bersama jahe hingga setengah matang akan menghilangkan bau amis. Apabila ati ampela akan dibuat jadi sajian gorengan, rendam dalam campuran susu dan mentega selama 1 hingga 2 malam.

Cara di atas terlalu lama? Anda dapat mengaplikasikan cara singkat dengan membaluri ati ampela memakai tepung cepat saji. Teknik ini dianggap akan menjaga kelembutan ampela tanpa membuatnya mengeras saat Anda goreng. Sementara itu, pengolahan ati ampela jauh lebih sederhana saat Anda memilih teknik memanggang.

Memasak ati ampela agar gurih dan empuk

Memasak ati ampela dalam keadaan masih segar akan menciptakan hidangan gurih nan lembut. Anda hanya perlu mencuci jeroan tersebut di bawah air mengalir sebelum mengolahnya dengan bumbu. Akan tetapi, kalau Anda belum mau memasaknya, simpan ati ampela yang sudah dicuci ke dalam freezer. Baluri juga jeroan tersebut menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam. Gosok-gosok sampai lendir di permukaannya hilang, lalu bilas dengan air bersih.

Tertarik memasak ati ampela dengan bumbu berbeda? Rebus bersama rempah-rempah seperti lengkuas, daun salam, jahe, daun jeruk, serai, kunyit, dan bawang putih untuk menghasilkan sajian ati ampela bumbu kuning. Pemberian rempah juga akan langsung menghilangkan bau amis dari jeroan, sehingga Anda tak akan terganggu saat menyantapnya.

Proses pengolahan ati ampela akan semakin mudah saat Anda menggunakan kompor berkualitas premium seperti Gas Hob Potenza EGT7828CK persembahan Electrolux. Kompor portabel dua tungku tersebut dapat menghasilkan panas api yang stabil, sehingga kematangan ati ampela merata ke seluruh bagian. Dengan efisiensi pemanasan hingga 57%, Gas Hob Potenza EGT7828CK memungkinkan Anda memasak berbagai hidangan tanpa harus lama-lama menunggu kompor panas.

Supaya tidak terlalu matang namun dengan panas api yang stabil, EGT7828CK memiliki fitur “shimer flame” atau yang sering disebut sebagai “api lilin”. Dengan menggunakan api lilin, proses pematangan ati ampela akan lebih sempura dan menghindari ‘over cooked’ yang menyebabkan ati ampela jadi terlalu keras saat dimakan.

 

EGT7828CK

Beli

    Beli Di Toko

    0804 111 9999