Mau Freezer Bekerja Lebih Optimal? Ikuti Tips Ini!
Inside Chest Freezer.jpg

Freezer merupakan bagian terpenting dalam kulkas yang bertugas membekukan makanan maupun minuman. Bukan hanya itu, freezer juga bisa mengawetkan sejumah bahan, sehingga bisa digunakan lagi dalam hitungan minggu maupun bulan.

Meski begitu, freezer yang tidak dipelihara secara berkala berpotensi mengalami penurunan performa. Akibatnya makanan dan minuman yang Anda simpan di sana tak akan bertahan lama. Lalu bagaimana caranya agar freezer bekerja lebih optimal?

  • Jaga suhu agar tetap ideal

Freezer sering kali disamakan dengan chiller, padahal keduanya punya pengaturan suhu berbeda. Pada chiller, temperatur yang disarankan berkisar dari -4oC sampai 6oC. Sementara itu suhu ideal freezer sekitar -18oC sampai -20oC. Maka dari itu freezer cocok dijadikan sebagai tempat penyimpanan daging, karena rendahnya temperatur dapat menghambat perkembangan jamur dan bakteri.

  • Awetkan makanan yang tepat

Mengoptimalkan performa freezer bisa dilakukan juga dengan menyimpan makanan yang tepat. Jika Anda membekukan daging, ikan, dan olahan laut, maka bahan-bahan tadi bisa bertahan maksimal enam bulan. Produk olahan seperti bakso, sosis, smoked beef, dan makanan bersalut tepung juga semestinya disimpan di freezer.

Kemudian, beberapa bahan makanan segar dan matang direkomendasikan disimpan di freezer. Untuk buah, misalnya, ada alpukat, stroberi, nanas, dan pisang yang usianya bisa ‘diperpanjang’ melalui pembekukan. Sementara itu sayuran hijau dan berair tidak dianjurkan disimpan di freezer. Bahan lain yang dapat Anda taruh di sana adalah kaldu dalam wadah tertutup.

  • Wadah penyimpan makanan

Wadah atau tempat yang Anda pakai untuk menyimpan makanan di freezer ikut mempengaruhi rasa dan kualitas. Ada baiknya Anda memakai food container berukuran kecil atau sedang buat membekukan buah dan sayur. 

Kemudian, tempatkan makanan-makanan yang membutuhkan temperatur rendah di pintu freezer seperti es krim, daging, dan bahan-bahan mentah lain. Pasalnya pintu freezer mempunyai suhu paling rendah dibandingkan bagian kulkas lainnya. Jaga pula porsi yang ingin ditaruh supaya freezer tidak terlalu sesak.

Simpan makanan di freezer terpisah

Jika kulkas Anda sudah tak bisa menampung makanan dan minuman, berarti sudah saatnya Anda mengandalkan Chest Freezer ECM2950WA-ID persembahan Electrolux. Chest freezer berkapasitas bersih 274,5 L tersebut bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

 Menggunakan Chest Freezer ECM2950WA-ID juga tak akan membengkakan tagihan listrik bulanan Anda karena ECM2950WA-ID hemat konsusmi listrik, sehari cukup sisihkan Rp.1500 untuk membayar tagihan listrik.

 

ECM2950WA-ID

Beli

    Beli Di Toko

    0804 111 9999