Trik Pintar Ini untuk Membuat Daging Lebih Empuk!

Trick Pintar.png


Jika tidak diolah dengan baik, daging sapi atau kambing tidak akan berhasil jadi hidangan lezat dan bergizi. Hal ini cukup disayangkan, mengingat harga daging sapi tergolong sangat mahal, bahkan per Kg harganya bisa mencapai lebih dari Rp. 100 Ribuan, dan sempat menyentuh angka Rp. 200 Ribuan.

 

Nah, salah satu masalah yang membuat daging sapi atau kambing jadi kurang terasa lezat adalah, tekstur daging yang tidak empuk, dan terkadang sangat alot. Jangan khawatir, untuk mengatasi hal ini, sebaiknya perhatikan beberapa trik mengolah daging sapi atau kambing berikut ini.

 

 

Jangan Langsung Dimasak

Setelah dipotong, daging sapi atau kambing masih dalam kondisi tegang. Jika dipaksakan langsung dimasak, kondisi ini bisa menyebabkan daging menjadi alot. Makanya, membiarkan dulu daging selama 3-5 jam setelah dipotong, merupakan cara paling tepat mengolah daging agar lebih empuk.

 

 

Membersihkan Daging

Beberapa daging memiliki karakteristik yang unik. Misalnya untuk daging kambing, sebaiknya tidak dibersihkan dengan air karena bisa membuat bau daging semakin menyengat. Solusinya, daging kambing bisa dilap hingga bersih, kemudian direbus sebelum akhirnya diolah jadi masakan.

 

Sedangkan untuk daging sapi bisa dibersihkan dengn air. Tapi agar teksturnya lebih empuk, sebaiknya air yang digunakan dicampur dulu dengan sedikit kapur, dan rebus atau siram dengan air panas untuk membersihkan sisa-sisa kapur.

 

 

Tambahkan Rempah

Selain menutup aroma daging yang menyengat, rempah-rempah bisa digunakan untuk membuat rasa daging lebih kuat dan teksturnya jadi lebih empuk. Ada beberapa rempah yang bisa digunakan sesuai dengan jenis masakan yang Anda olah.

 

Misalnya jahe yang dimasukkan bersama rebusan daging, merica, kunyit, pala, cengkeh, kayu manis, bawang-bawangan dan lainnya. Tapi ingat, gunakan sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Perhatikan Cara Memasak

Untuk mendapatkan tekstur yang empuk, daging sebaiknya dipasak dalam suhu yang sangat tinggi, setelah terlihat pori-porinya terbuka, turunkan suhu kompor agar daging tidak hancur.

 

Untuk memudahkan Anda melakuakn hal itu, sebaiknya gunakan kompor induksi Electrolux EHED63CS. Kompor ini hadir dengan segudang kelebihan, salah satunya kontrol suhu yang akan membuat proses memasak daging Anda lebih mudah, dengan hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!

Beli

Beli Di Toko