Panduan Memakai Mixer yang Tepat Bagi Para Pemula

37.jpg

Suka membuat kue di rumah? Berarti Anda sudah akrab, dong, dengan mixer. Benda ini memungkinkan siapa saja mengaduk berbagai bahan hingga membentuk adonan sesuai kecepatan yang ditentukan. Selain itu, mixer dilengkapi tiga tungkai berbeda, antara lain whip, beater, dan spiral.

Walau pemakaiannya tampak praktis, mixer kadang dirasa menyulitkan bagi pemula. Bagi Anda yang kali pertama menggunakan mixer, ikuti panduan berikut untuk memudahkannya, ya!

  • Mulai dari kecepatan terendah

Untuk membiasakan tangan, pakailah mixer dari kecepatan terendah. Sehingga Anda dapat mengaduk adonan secara menyeluruh. Tingkatkan kecepatannya secara perlahan kalau Anda sudah tak canggung dan kaget lagi. Buru-buru memakai mixer dengan kecepatan sedang atau tinggi bukan hanya membuat Anda bingung, melainkan juga menghancurkan bahan-bahan adonan. Selain itu, adonan yang terdapat di dalam mangkuk juga tak akan berceceran dan mengotori dapur.

  • Redam bunyi menggunakan handuk

Sebagian besar mixer yang dijual di pasaran pasti mengeluarkan bunyi berisik. Konsentrasi Anda selama membuat adonan kue pun pasti bakal terganggu dibuatnya. Salah satu trik yang dapat membantu Anda meredam bunyi berisik tersebut adalah dengan membungkus bagian bawah mixer menggunakan handuk atau lap kain tebal. Handuk juga bisa mengurangi kemungkinan adonan kue terciprat. Sesuaikan juga dengan ketinggian mixer dari tungkainya.

  • Bedakan cara mengocok dan mengaduk

Fungsi utama mixer adalah mengocok, bukanlah mengaduk. Oleh karena itu, Anda harus pelajari dulu teknik mengocok yang sesuai untuk mendapatkan tekstur adonan yang diinginkan. Karena pemakaian mixer pada tujuannya adalah mengembangkan adonan secara maksimal. Berbeda dari mengaduk yang prosesnya adalah mencampurkan bahan-bahan kue, maka mengocok akan mengembangkannya. Jadi kue yang Anda panggang atau kukus pun akan matang sempurna.

  • Jangan cuci mixer memakai air

Sebagian besar orang masih membersihkan tungkai pengaduk tanpa memperhatikan komponen lain, padahal bagian dalam mixer rentan rusak saat terkena adonan. Namun, jangan mencucinya di bawah air mengalir juga. Langkah yang tepat untuk membersihkan mixer adalah memakai lap basah. Dengan demikian, tungkai dan bagian dalam mixer tak akan terkena air dalam jumlah banyak. Lalu, keringkan menggunakan lap kering sampai tak ada kotoran yang tersisa.

Nah, tidak terlalu sulit, bukan menggunakan mixer untuk membuat kue? Sekarang, giliran Anda menemukan mixer yang sesuai untuk membantu pembuatan kue. Electrolux adalah produsen perangkat elektronik terbaik yang dikenal memberikan alat-alat terbaik, termasuk Stand Mixer EHSM3417.

Stand Mixer EHSM3417 mempunyai mangkuk atau bowl dengan material stainless steel yang membuatnya mudah dibersihkan. Kemudian, karet kaki anti-slip pada mixer ini akan membuatnya stabil berdiri saat digunakan. Selain itu, Stand Mixer EHSM3417 menyediakan enam tingkat kecepatan yang telah dilengkapi tombol pulse.

 

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999