Hindari 5 Hal Ini Supaya Food Processor Tidak Cepat Rusak

Food Processor.jpg

Food processor sering kali disamakan dengan blender, padahal kedua benda tersebut mempunyai ukuran dan komponen berbeda. Pisau dalam food processor juga tak sama dengan blender. Bisa dibilang, food processor merupakan ulekan versi modern, hanya saja dapat mengerjakan penghalusan atau penghancuran makanan dalam waktu cepat.

Di sisi lain, pemakaian food processor tanpa pemeliharaan akan membuat pisau-pisaunya cepat tumpul. Supaya tidak cepat rusak, pastikan Anda menghindari lima hal di bawah ini:

  1. Tidak menekan tombol pulse

Pulse merupakan tombol yang memberikan pengaruh pada hasil cacahan. Maka dari itu, Anda harus menekannya saat menghaluskan makanan dengan food processor, terutama saat mengolah makanan bertekstur keras seperti kacang. Cukup tekan tombol pulse beberapa kali sampai Anda mendapat hasil yang diinginkan.

  1. Ukuran bahan yang terlalu besar

Food processor memang sanggup menghancurkan makanan dari daging hingga kacang, tetapi bukan berarti Anda memasukkannya tanpa memperhatikan ukuran. Dimensi food processor yang lebih kecil dari blender membuat daya tampungnya terbatas. Ada baiknya Anda memotong dulu bahan-bahan tersebut dalam ukuran kecil untuk memudahkan pekerjaan pisau pencacah.

  1. Terlalu sering memakainya

Selain ukuran yang lebih kecil, daya tahan food processor juga tak selama blender. Maka menggunakan benda ini secara terus menerus dalam waktu lama justru berpotensi merusaknya. Akan lebih baik kalau Anda menggunakan food processor untuk mencacah bahan yang lama dihancurkan dengan ulekan. Lalu dinginkan dulu mesinnya sebelum Anda mencacah bahan berbeda.

  1. Memakai bahan bercampur air

Kesalahan selanjutnya yang masih sering dilakukan adalah menghaluskan bahan makanan memakai air dalam food processor. Alih-alih mendapatkan cacahan terbaik, bahan makanan yang dihancurkan dalam food processor justru bakal meluap. Jika bahan yang hendak Anda haluskan memang membutuhkan air, gunakan saja chopper atau blender.

  1. Menggunakan bahan panas

Terakhir, jangan langsung memasukkan bahan-bahan yang masih panas ke dalam food processor. Suhu panas dari bahan tersebut justru akan menumpulkan pisau penggiling. Selain itu, kandungan minyak dari makanan yang Anda masukkan berpotensi merusak wadah hingga membuatnya sulit dibersihkan. Kalau sudah begini, mau tak mau Anda harus membeli food processor baru, bukan?

Mencari food processor terpercaya? Electrolux mempersembahkan Food Processor EFP7804S untuk membantu pekerjaan Anda di dapur! Produk ini dilengkapi empat pre-set program serta pulse yang bisa menghaluskan bahan makanan sesuai kecepatan yang Anda inginkan. S-Blades berlapis titanium dan feeding chute dalam food processor ini pun dijamin bakal menggiling bahan secara maksimal.

Food Processor EFP7804S mempunyai kapasitas tiga liter yang memungkinkannya menghancurkan bahan yang cukup banyak. Jadi, Anda bisa mengolah makanan yang diinginkan secara cepat.

 

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999