Pilih yang Mana, Oven Listrik atau Gas?

Pilih yang Mana Oven Listrik atau Gas_edited.jpg

Oven pastinya menjadi alat dapur yang familiar bagi Anda yang senang memanggang daging atau membuat kue. Perkembangan teknologi juga telah membantu sejumlah produsen mengembangkan jenis oven yang mereka pasarkan, salah duanya oven listrik dan oven gas.

Meski keduanya mempunyai fungsi dasar sama, oven listrik dan oven gas mempunyai perbedaan yang perlu Anda perhatikan. Selain itu, ada kelebihan dan kekurangan masing-masing yang membantu Anda menentukan tipe oven berdasarkan kebutuhan.

Oven listrik

Sesuai namanya, oven listrik menggunakan listrik sebagai sumber tenaga untuk menghasilkan panas. Banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada oven ini karena lebih praktis dan mudah dipindahkan. Lalu, apa saja nilai plus dan minus dari oven listrik?

  • Kelebihan oven listrik

Sebagian besar oven listrik didesain dengan konsep ergonomis yang cocok untuk dapur sempit. Hal ini disebabkan alat dapur ini mengandalkan listrik yang bisa dihubungkan dari stop kontak alih-alih gas. Jadi Anda hanya perlu menempatkannya di sekitar sumber listrik. Kemudian, fitur-fitur pada oven listrik memudahkan Anda mengatur suhu sesuai kebutuhan. 

  • Kekurangan oven listrik

Daya listrik yang dibutuhkan jenis oven ini beragam, tetapi bakal merepotkan kalau terjadi pemadaman listrik. Akibatnya, adonan makanan atau kue yang sedang dipanggang tak akan matang tepat waktu. Komponen-komponen dalam oven listrik juga cenderung mudah rusak, terutama saat Anda pakai untuk produksi massal. Dengan kata lain, oven listrik lebih cocok untuk keperluan individual.

Oven gas

Gas menjadi sumber energi utama pada jenis oven ini untuk menghasilkan api. Meski keberadaan oven listrik mulai mendominasi pasar, faktanya oven gas masih jadi pilihan banyak orang yang ingin belajar membuat kue atau memanggang dalam jumlah banyak

  • Kelebihan oven gas

Fitur valve pada kebanyakan oven gas bakal membantu pemakaian gas supaya tidak boros. Jadi, Anda tidak perlu mencemaskan konsumsi gas selama mengolah hidangan. Lalu, seperti yang disinggung sebelumnya, oven gas menjadi opsi prioritas pembeli yang berencana memproduksi makanan maupun kue dalam jumlah banyak untuk acara dan bisnis. 

  • Kekurangan oven gas

Ukuran oven gas yang rata-rata besar membuat dapur tampak sesak, apalagi Anda harus menyimpan tabung gas. Harganya yang relatif mahal menjadi bahan pertimbangan lain yang membuat orang-orang bimbang saat hendak membelinya. Terakhir, pemasangan tabung gas yang tak mengikuti prosedur jelas akan mengundang kecelakaan di dapur.

Bagaimana, Anda sudah menemukan jenis oven yang sesuai? Sebagai rekomendasi, Electrolux menghadirkan Oven Tanam Gas EOG1102COX yang telah dibekali berbagai teknologi terkini. Sebut saja Safety Flame Device dengan Thermocouple yang berfungsi sebagai sensor pendeteksi panas. Belum lagi interiornya yang mudah Anda bersihkan, sehingga tak akan ada kotoran yang menumpuk.


EOG1102COX

  • Oven Tanam Gas - EOG1102COX

    EOG1102COX

    • Nikmati hasil makanan yang dimasak secara merata dengan sirkulasi panas yang dibantu kipas.
    • Interior enamel dalam ruang oven yang halus membuat kegiatan membersihkan menjadi ringan.

Beli

    Beli Di Toko

    0804 111 9999