title background

Cara menggunakan oven gas dan listrik

9 menit membaca |

Meskipun oven telah menjadi peralatan wajib di dapur di seluruh dunia, banyak orang tidak selalu yakin bagaimana cara menggunakan oven dengan benar untuk memasak hidangan lezat. Mencoba memahami cara menggunakan oven secara mandiri bisa menakutkan. Namun, sebenarnya lebih mudah daripada yang Anda kira, selama Anda mengingat beberapa hal dasar.

Dengan panduan pemula ini, Electrolux Indonesia akan membantu Anda dalam perjalanan memasak dengan oven Anda. Berikut adalah beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui tentang cara pakai oven.

1. Jenis oven


Terdapat beberapa jenis oven, dan mereka perlu digunakan dengan cara yang berbeda.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-02.jpg
Anda perlu mengetahui jenis oven yang Anda gunakan untuk dapat menggunakannya dengan efisien. Berikut adalah tipe yang paling utama:

Oven gas


Oven gas menggunakan pembakar yang menggunakan bahan bakar gas untuk memasak makanan Anda. Jika rumah Anda sudah memiliki sambungan gas, oven gas relatif murah untuk dipasang dan dioperasikan, meskipun mereka dikenal karena distribusi panas yang tidak merata.

Oven listrik


Oven listrik menggunakan kumparan yang dipanaskan secara elektrik untuk memasak makanan. Kumparan-kumparan ini memanaskan dengan relatif lambat, tetapi kemudian menjaga suhu konstan dengan lebih stabil dibandingkan oven gas. Meskipun oven listrik dapat lebih mahal dalam hal pengoperasian, banyak orang juga menganggapnya lebih nyaman, terutama untuk keperluan memanggang dan memanggang dengan api atas.


Anda dapat memperoleh informasi yang lebih rinci dalam artikel perbandingan Oven Listrik vs. Oven Gas kami.

Oven konveksi


Salah satu perkembangan terbaru dari oven adalah oven konveksi, yang dilengkapi dengan lebih banyak elemen pemanas dan kipas untuk mencapai suhu yang lebih stabil. Oven konveksi biasanya memasak makanan dengan lebih merata dan lebih cepat dibandingkan dengan jenis oven lainnya.


Kami memiliki panduan pembelian yang lengkap untuk membantu Anda membedakan berbagai jenis oven. Bacalah panduan kami untuk menemukan lebih banyak tips memilih oven yang bagus.

2. Cara menggunakan oven baru untuk pertama kalinya


Jika Anda baru saja membeli oven baru dan ini adalah pertama kalinya Anda menggunakannya, berikut adalah beberapa langkah mudah yang harus Anda ikuti untuk menghilangkan bau terbakar dan debu lainnya dari proses manufaktur.


Petunjuk penggunaan oven ini dapat diterapkan baik pada oven listrik maupun oven gas.

  • Periksa Panduan Pengguna untuk persyaratan daya listrik dan pastikan sumber listrik Anda kompatibel.
  • Buang semua barang dari kemasan, termasuk plastik pelindung.
  • Atur oven Anda pada suhu tinggi (setidaknya 200 derajat Celsius) selama 45 hingga 60 menit.
  • Setelah selesai, buka pintu untuk membiarkan oven mendingin. Ini memungkinkan udara beredar dan mencegah bau yang tersisa di dalam oven.
  • Setelah mendingin, gunakan lap yang lembab dengan air sabun hangat untuk membersihkan bagian dalam oven dan Anda siap menggunakan oven tersebut.

3. Cara panaskan oven


Semua oven perlu dipanaskan terlebih dahulu, baik itu oven gas, listrik, atau konveksi. Pemanasan awal akan memastikan bahwa makanan Anda dimasak secara merata dan matang hingga ke bagian dalam.


Biasanya, dibutuhkan sekitar 12-15 menit untuk memanaskan oven, meskipun ini tergantung pada jenis oven dan suhu yang diinginkan. Berikut adalah panduan singkat mengenai waktu pemanasan awal untuk berbagai jenis oven:

Jenis oven

Pemanasan awal

Oven gas

5 – 10 menit

Oven listrik dan oven konveksi

15 – 20 menit


Catatan: Rujuklah pada resep Anda untuk mengetahui suhu yang harus diatur dan nyalakan oven tersebut dengan cukup waktu sebelum hidangan Anda siap dimasak.


cara-menggunakan-oven-gas-listrik-03.jpeg


Model oven terbaru biasanya akan memberi tahu Anda ketika proses pemanasan selesai, baik dengan lampu indikator atau melalui layar LED.


Ketika Anda sedang memanaskan oven, ingatlah untuk:

  • Tidak membuka pintu oven jika tidak perlu, karena panas akan keluar dan proses pemanasan akan memakan waktu lebih lama.
  • Mengeluarkan nampan masak yang Anda perlukan sebelum menyalakan oven.

4. Di mana meletakkan rak oven Anda


Oven dirancang sedemikian rupa sehingga bagian tengahnya memiliki distribusi panas yang paling merata, sehingga sebagian besar makanan akan matang dengan baik di sana. Namun, berikut adalah beberapa tips tambahan:

  • Jika Anda memanggang makanan yang sebaiknya memiliki bagian bawah yang sangat renyah: Letakkan rak di dekat bagian bawah.
  • Jika Anda ingin mendapatkan kerak yang renyah atau memanggang dengan api atas: Letakkan di dekat bagian atas.
  • Jika Anda memasak lebih dari satu batch makanan, seperti kue kering: Letakkan satu loyang di dekat bagian atas, satu di dekat bagian bawah, lalu putar posisinya. Namun, pada oven konveksi, hal ini tidak terlalu penting karena panasnya tersebar secara merata.

 

cara-menggunakan-oven-gas-listrik.jpg


5. Hindari membuka oven saat Anda sedang memasak


Ketika Anda membuka pintu oven, panas akan keluar ke dapur Anda dan suhu di dalam oven akan menurun. Hal ini berarti oven Anda membutuhkan waktu untuk memanaskan kembali setelah Anda menutup pintunya. Hal ini dapat memperpanjang waktu yang diperlukan untuk memasak makanan Anda dan bahkan dapat menyebabkannya tidak matang sepenuhnya.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-05.jpg


Untuk alasan ini, sebagian besar oven dilengkapi dengan jendela yang memungkinkan Anda melihat ke dalam oven tanpa harus membukanya. Meskipun pada suatu saat Anda harus membukanya, usahakan untuk menghindari hal tersebut sampai benar-benar diperlukan.


>>> Baca selengkapnya: Cara memanggang pizza dengan oven listrik

6. Bagaimana cara mengatasi titik panas di dalam oven


Oven seringkali memiliki area dengan panas yang lebih intens dan area dengan panas yang lebih rendah. Area-area yang lebih panas tersebut, yang disebut "titik panas", dapat digunakan untuk memasak makanan lebih cepat, tetapi juga meningkatkan risiko terbakarnya makanan Anda. Oven gas paling terkenal dengan adanya titik panas ini, karena distribusi panas di oven gas tidak sebaik oven listrik atau oven konveksi.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-06.jpg


Berikut adalah beberapa tips oven tentang bagaimana mengatasi titik panas:

  • Temukan titik panas dengan meletakkan irisan roti di atas nampan memasak dan memasukkannya ke dalam oven. Roti yang lebih cepat berwarna cokelat menunjukkan adanya titik panas.
  • Untuk memastikan makanan Anda matang secara merata, sering-seringlah memutar nampan memasak atau gunakan nampan memasak yang dapat berputar.


Lihatlah video tutorial kami yang membantu tentang cara menggunakan oven Electrolux.

7. Bagaimana cara membersihkan oven Anda


Banyak oven modern dilengkapi dengan fungsi pembersihan otomatis, umumnya dalam tiga variasi:

  • Oven pirolitik membakar lemak dan residu gula, sehingga Anda hanya perlu membersihkan sedikit abu.
  • Oven katalitik bekerja dengan cara yang serupa, tetapi hanya membersihkan lemak, sementara residu gula tetap ada.
  • Oven pembersih uap melunakkan kotoran untuk Anda, sehingga Anda hanya perlu menghapusnya dengan lap.


Berikut ini adalah beberapa contoh produk dari Electrolux yang dilengkapi dengan fitur pembersihan otomatis:

Baru
  • Fungsi oven yang berbeda untuk memasak yang beragam.
  • Pembersihan Berbantuan Uap membuat pekerjaan lebih mudah.
  • Program pizza memanggang di atas dan memasak dari bawah.
Baru
  • SteamBake untuk roti ala bakery di rumah.
  • Probe makanan yang pintar memantau suhu.
  • Pembersihan mudah dengan pirolitik suhu tinggi.

Untuk pembersihan manual oven, Anda juga memiliki beberapa pilihan:


Produk pembersih oven yang dapat dibeli di toko


Mereka bekerja dengan cepat, tetapi sering menggunakan bahan kimia yang kuat. Selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan saat menggunakan produk ini.


Soda kue dan cuka


Oleskan pasta berupa campuran air dan soda kue ke permukaan oven Anda dan biarkan semalam. Lap bersih, semprotkan dengan cuka, dan lap lagi.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-07.jpeg

Lemon


Potong dua buah lemon menjadi setengah dan letakkan di dalam mangkuk tahan panas yang berisi air. Letakkan mangkuk di dalam oven dan atur suhu menjadi 120 derajat Celsius selama sekitar satu jam. Buka pintu dan biarkan mendingin. Ketika bagian dalam oven aman untuk disentuh tetapi masih hangat, lap permukaan dengan kain basah.

Temukan lebih banyak tips pembersihan yang membantu dalam artikel kami tentang cara membersihkan oven Anda.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-08.jpg

*Penting: Mungkin diperlukan jasa pembersih oven profesional untuk memberikan perawatan terbaik bagi permukaan oven Anda.

8. Bagaimana cara merawat oven Anda dengan baik


Membersihkan oven Anda sudah membantu memperpanjang umur pemakaiannya, tetapi oven juga membutuhkan perawatan yang tepat di luar itu. Selalu konsultasikan buku manual pengguna oven Anda untuk mengetahui cara terbaik untuk menjaga perangkat Anda tetap berfungsi, tetapi berikut adalah beberapa tips dasar:

Jaga agar segel pintu oven tetap bersih


Segel pada pintu oven Anda memastikan bahwa udara panas tidak keluar dari oven, sehingga suhu di dalamnya tetap stabil saat Anda sedang memasak. Menjaga kebersihan segel tersebut cukup mudah, yaitu dengan secara teratur membersihkannya dengan kain lembab.

Pastikan kipas pada oven Anda bebas dari hambatan.


Secara teratur periksa ventilasi di depan kipas oven Anda untuk memastikan tidak ada hambatan, dan pastikan untuk menghilangkannya dengan mengelap ventilasinya. Kecuali jika Anda memiliki pengalaman, jangan mencoba membersihkan kipas itu sendiri, karena hal ini biasanya hanya mungkin dilakukan jika perangkat setidaknya sebagian dibongkar. Lebih baik serahkan kepada para profesional.

Temukan dukungan yang mungkin Anda butuhkan untuk oven Anda dari situs web kami.

Jadwalkan pemeliharaan profesional untuk oven Anda.


Memastikan pekerja pemeliharaan yang berpengalaman memeriksa oven Anda secara teratur akan membantu mendeteksi masalah sebelum menjadi masalah yang serius.





Bagaimana cara merawat oven saya

9. Akhirnya, nikmati memasak dengan oven Anda


Sebuah oven adalah mesin memasak paling sempurna, memungkinkan Anda menciptakan segalanya mulai dari kue kering dan kue hingga kasserol, lasagna, dan pizza. Dan ketika Anda benar-benar tahu cara menggunakan oven Anda, memasak makanan yang rumit pun menjadi mudah seperti membalik telapak tangan.

cara-menggunakan-oven-gas-listrik-09.jpeg
Dengan oven Electrolux, Anda juga mendapatkan keuntungan dari teknologi terkini seperti pembersihan pirolitik, pintu kaca super aman, dan memasak dengan uap. Jadi, ambillah langkah maju untuk mengupgrade dapur Anda hari ini. Periksa beragam pilihan oven yang ditawarkan oleh Electrolux dan temukan yang paling sesuai dengan Anda.

Baru
  • SteamBake untuk roti ala bakery di rumah.
  • Probe makanan yang pintar memantau suhu.
  • Pembersihan mudah dengan pirolitik suhu tinggi.
Baru
  • Fungsi oven yang berbeda untuk memasak yang beragam.
  • Pembersihan Berbantuan Uap membuat pekerjaan lebih mudah.
  • Program pizza memanggang di atas dan memasak dari bawah.
  • Fungsi oven yang berbeda untuk beragam masakan.
  • Oven gas besar untuk memasak untuk orang banyak.
  • Alat pemanggang rotisserie untuk memanggang dengan sempurna.
  • Oven 4-in-1 untuk memanggang roti, baking, grill dan rotisserie.
  • AirFry makanan Anda untuk rasa gorengan dengan sedikit minyak.
  • Fungsi konveksi untuk memanggang daging atau kue.
  • Oven 3-in-1 untuk memanggang roti, baking dan grill.
  • Fungsi konveksi untuk memanggang daging atau kue.
  • Daya tinggi untuk pemanasan cepat.
Beli
    (0804) 111 9999