title background

Cara membersihkan vacuum cleaner – Panduan lengkap

8 menit membaca |

Membersihkan vacuum cleaner sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Dalam panduan ini, Electrolux Indonesia akan menunjukkan cara membersihkan vacuum cleaner dari dalam ke luar, mulai dari kepala dan sikat hingga selang dan filternya.

Apa yang Anda perlukan sebelum membersihkan vacuum cleaner Anda


Persiapkan hal-hal berikut untuk memastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan agar vacuum cleaner Anda bersih berkilau:

  • Kain lembut seperti kain mikrofiber
  • Sikat berbulu lembut
  • Sabun cuci piring
  • Air
  • Sikat gigi dan/atau pinset

Cara membersihkan vacuum cleaner


Membersihkan vacuum cleaner sangat penting untuk memastikan vacuum berfungsi baik dan tahan lama. Kotoran, debu, dan serpihan dapat menumpuk di dalam vacuum cleaner, yang dapat menurunkan daya sedot dan menyebabkan penyumbatan.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan vacuum cleaner Anda secara menyeluruh:

Langkah 1: Bongkar vacuum cleaner


Matikan vacuum cleaner dan cabut dari sumber listrik. Lepaskan selang dan perlengkapan lainnya dari tabung.

cara-membersihkan-vacuum-cleaner-02.jpg


Langkah 2: Kosongkan vacuum cleaner


Tergantung pada desain vacuum cleaner Anda, Anda mungkin perlu menekan tombol atau melepaskan kait untuk melepas tabung atau kantong vakum. Buang isinya ke dalam kantong sampah.

Langkah 3: Lepaskan filter dari vacuum cleaner


Kebanyakan penyedot debu ruangan memiliki dua filter: pre-motor filter dan post-motor filter. Ikuti instruksi manual Anda untuk melepaskan filter.

Langkah 4: Cuci filter


Filter adalah bagian penting dari vacuum cleaner, dan proses pembersihan filter itu sendiri ada beberapa langkah. Untuk petunjuk detail tentang cara mencuci filter, kami memiliki paragraf terpisah yang membahas khusus proses pencucian filter.

Anda dapat menggulir ke bawah untuk mempelajari cara membersihkan filter vacuum cleaner, atau Anda dapat melanjutkan membaca untuk mempelajari cara membersihkan wadah debu di langkah selanjutnya.

Langkah 5: Bersihkan wadah debu


Gunakan sikat berbulu lembut atau kain untuk menghilangkan kotoran, debu, atau serpihan dari bagian dalam vacuum cleaner. Periksa instruksi manual untuk mengetahui apakah wadah debu aman untuk dicuci atau tidak.

Jika jawabannya ya, Anda bisa menggunakan detergen ringan dan air hangat untuk membersihkannya. Bilas sampai bersih dan biarkan mengering sepenuhnya. Jika tidak, bersihkan wadah debu hanya dengan kain basah jika perlu.

>>> Artikel terkait:


Langkah 6: Bersihkan kepala vacuum, selang, dan perlengkapan lainnya


Gunakan sikat berbulu halus atau kain untuk menghilangkan kotoran dari kepala vacuum cleaner, terutama bagian dasar, dan perlengkapan lain seperti selang. Anda dapat menggunakan campuran detergen ringan dan air yang sama untuk membersihkannya. Bilas sampai bersih dan biarkan mengering.

Proses pembersihan bagian dasar vacuum cleaner juga melibatkan beberapa langkah kecil. Karena kami juga menyediakan bagian khusus untuk proses ini, Anda dapat menggulir ke bawah untuk menemukan petunjuk langkah demi langkah tentang cara membersihkan kepala vacuum cleaner atau melanjutkan membaca tentang cara memasang kembali vacuum cleaner Anda.

Langkah 7: Pasang kembali vacuum cleaner


Setelah semua komponen bersih dan kering, pasang kembali vacuum cleaner. Pasang kembali filter, pasang selang dan perlengkapannya ke tabung, dan pasang kembali vacuum cleaner.

Langkah 8: Uji vacuum cleaner


Nyalakan vacuum cleaner dan uji daya isapnya. Jika tampak lemah atau tidak efektif, periksa sumbatan pada selang atau sambungannya.

Cara membersihkan filter vacuum cleaner

 

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, membersihkan filter vacuum cleaner Anda adalah proses penting lainnya yang melibatkan beberapa langkah. Memeriksa dan membersihkan filter secara teratur adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan daya isap vacuum cleaner.

cara-membersihkan-vacuum-cleaner-03.jpg


Berikut panduan langkah demi langkahnya:

Langkah 1: Lepaskan filter dari vacuum cleaner


Tergantung pada modelnya, filter mungkin berada di area vacuum cleaner yang berbeda. Periksa panduan pengguna untuk menemukan lokasi filter pada unit.

Langkah 2: Periksa filter apakah ada kerusakan


Jika Anda melihat sobekan, lubang, atau kerusakan lainnya, ganti filternya daripada hanya membersihkannya.

Langkah 3: Buang kotoran berbentuk kasar


Ketuk filter untuk menghilangkan debu dan kotoran yang mudah lepas. Anda dapat melakukannya dengan mengetukkan filter secara perlahan ke permukaan yang keras, seperti tempat sampah. Ini akan membantu melonggarkan kotoran atau kotoran yang menempel di filter.

Langkah 4: Bersihkan debu halus dengan kuas


Gunakan sikat berbulu lembut untuk menghilangkan sisa debu dan kotoran dari filter. Anda dapat menggunakan sikat yang dirancang untuk membersihkan filter atau sikat berbulu halus yang Anda miliki di rumah. Sapukan filter dengan gerakan memutar yang lembut untuk menghilangkan kotoran atau kotoran yang tersisa.

Langkah 5: Bilas filter dengan air dingin


Bilas filter di bawah aliran keran air dingin untuk menghilangkan kotoran yang tersisa. Pastikan untuk membilas filter secara menyeluruh, sehingga tidak ada kotoran yang tersisa.

Langkah 6: Biarkan filter benar-benar kering


Setelah filter dibilas, kocok perlahan untuk menghilangkan kelebihan air. Kemudian, sisihkan di tempat yang kering hingga benar-benar mengering. Mungkin akan memakan waktu beberapa jam.

Langkah 7: Pasang kembali filter


Setelah filter benar-benar kering, Anda dapat memasangnya kembali di vacuum cleaner. Ikuti instruksi panduan pengguna Anda.

>>> Baca selengkapnya:


Cara membersihkan bagian dasar vacuum cleaner


Karena biasanya melakukan banyak pekerjaan berat, kepala vacuum cleaner Anda, terutama bagian dasar, sering kali menjadi bagian yang paling kotor. Kotoran, debu, dan serpihan dapat menumpuk dan mengurangi daya sedot dan menyebabkan roda atau sikat macet.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membersihkan bagian dasar vacuum cleaner Anda:

Langkah 1: Bersihkan bagian dasar dengan kuas


Gunakan sikat berbulu halus untuk melonggarkan kotoran dan serpihan yang menempel di bagian dasar. Dengan model Electrolux tertentu, pastikan untuk memanfaatkan teknologi BrushrollClean yang telah dipatenkan. Cukup tekan pedal di alas dan pisau internal memotong rambut dan kotoran, membiarkannya terhisap.

Di bawah ini adalah vacuum cleaner tanpa kabel dari Electrolux yang hadir dengan teknologi BrushrollClean:

  • Grab & Go untuk pembersihan yang cepat dan nyaman.
  • Sistem Cyclonic mempertahankan daya hisap bahkan saat sedang penuh.
  • Berat ringan sehingga nyaman untuk membersihkan.

Langkah 2: Gunakan kain lembab untuk menyeka yang terlepas


Anda bisa menggunakan kain mikrofiber atau kain apa pun yang dibasahi air. Seka bagian dasar dengan lembut untuk menghilangkan kotoran dan serpihan yang telah rontok oleh sikat.

Langkah 3: Periksa sumbatan pada bagian dasar


Terkadang, kotoran dapat tersangkut di bagian dasar, menyebabkan penyumbatan. Gunakan alat kecil, seperti sikat gigi atau pinset, untuk menghilangkan kotoran.

Langkah 4: Bersihkan sikat atau rol vacuum cleaner


Jika kepala vacuum cleaner Anda memiliki sikat atau rol yang terpasang pada bagian dasar, bersihkan sesuai dengan buku petunjuk Anda. Ini termasuk melepas sikat atau rol dan membersihkannya dengan kain lembab.

Vacuum cleaner Electrolux Ergorapido menawarkan teknologi BrushrollClean untuk pembersihan yang mudah dan bebas kusut

Langkah 5: Keringkan bagian dasar


Setelah Anda selesai membersihkan bagian dasar dan perlengkapan lainnya, keringkan dengan kain bersih dan kering. Pastikan untuk mengeringkannya sepenuhnya sebelum merakit kembali vacuum cleaner.

Seberapa sering membersihkan filter, sikat & kantong debu vacuum cleaner?


Filter vacuum cleaner


Filter vacuum cleaner harus dibersihkan atau diganti setiap 3-6 bulan, tergantung pada rekomendasi sesuai panduan pengguna. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau alergi, Anda mungkin perlu lebih sering membersihkan atau mengganti filter.

Bagian dasar (base plate) & sikat vacuum cleaner


Pelat dasar dan sikat harus diperiksa dan dibersihkan setelah digunakan. Kotoran dan serpihan dapat tersangkut di sikat dan pelat dasar, yang dapat menurunkan daya sedot dan menyebabkan penyumbatan.

cara-membersihkan-vacuum-cleaner-04.jpg


Wadah debu & kantong debu vacuum cleaner


Jika vacuum cleaner Anda memiliki wadah debu, wadah itu harus dikosongkan setelah digunakan atau setengah penuh. Jika vacuum cleaner Anda memiliki kantong debu, sebaiknya diganti jika sudah penuh atau sesuai anjuran di buku manual.

Selang vacuum cleaner & perlengkapan lainnya


Selang vacuum cleaner dan perlengkapannya harus diperiksa dan dibersihkan secara teratur, terutama jika Anda menggunakannya untuk membersihkan pelapis atau area yang sulit dijangkau. Seka dengan kain lembab atau bilas dengan air mengalir jika kotor.

Electrolux Indonesia juga menawarkan berbagai aksesori vacuum cleaner termasuk filter, kantong debu, sikat, dan nozel celah. Lihat beberapa produk perawatan lantai terlaris kami di bawah ini:

  • Membantu anda untuk membersihkan area yang tidak terjangkau
  • Selang penjangkau sudut fleksibel untuk mengisap debu dengan akses mudah.
  • Aksesori penjangkau sudut untuk celah-celah sempit di rumah atau mobil.
  • Nosel pembersih dan pengisap debu pada bahan lain.
  • Kantong berkualitas tinggi yang dirancang untuk performa tahan lama.
  • Dirancang untuk menghasilkan tingkat filtrasi optimal.
  • Kompatibel dengan: pengisap debu Mobifit, Mobiforce & Ingenio

Conclusion


Our instructions not only give you tips on how to clean an Electrolux vacuum cleaner but can also be applied to cleaning vacuum cleaners from most brands. Taking good care of your vacuum cleaner and keeping it clean will ensure it maintains its suction power and keeps your home free of dirt instead of spreading dirt.

With Electrolux vacuum cleaners featuring a multi-layer filtration system to keep your home's air clean as well as BrushrollClean technology for easy cleaning, Electrolux should be your first choice when it comes to cleaning.

Browse our wide collection of vacuum cleaners:

  • Berat yang ringan dan pipa yang fleksibel.
  • Mampu mengangkat debu dalam jumlah yang banyak.
  • Performa yang baik untuk mengangkat debu yang banyak
  • Dengan kapasitas 1 Liter penampungan debu
  • Mudah digunakan dengan pipa yang fleksibel
Baru
  • Daya hisap 5x lebih kuat.
  • Cepat dan praktis.
  • PowerPro hard floor nozzle membersihkan sekaligus memoles.
  • Grab & Go untuk pembersihan yang cepat dan nyaman.
  • Rol PowerPro membersihkan dan memoles lantai yang keras.
  • Sistem Cyclonic mempertahankan daya hisap bahkan saat wadah debu sedang penuh.
  • Baterai TurboPower untuk kinerja tinggi, lebih lama.
  • Nosel mudah dijangkau membersihkan tempat yang sulit dijangkau.
  • Roda Kemudi lembut untuk kendali yang tepat.
  • Vacuum 3-in-1 dengan fungsi basah, kering, dan tiupan.
  • Aksesori disimpan di unit untuk akses yang efisien dan mudah.
  • Microfilter untuk membersihkan udara buangan di rumah Anda.

FAQs tentang cara membersihkan vacuum cleaner

compare channel adviser image
Beli
    (0804) 111 9999