what to eat to beat stress

5 makanan penghilang stres terbaik untuk dicoba

 

Stress pada dasarnya adalah serangkaian sinyal hormonal dalam tubuh Anda yang memengaruhi emosi Anda saat menghadapi ancaman. Melalui makanan sehat, Anda dapat mengontrol pemicu internal, dan dapat melawan stress tersebut. 

 

Para ahli percaya bahwa diet bergizi, dari waktu ke waktu, dapat membantu membangun pertahanan Anda terhadap stres karena kesehatan usus Anda terkait erat dengan kondisi mental Anda. Isi lemari es Anda dengan makanan yang sehat ini sehingga Anda selalu kuat meski tekanan meningkat.

 

Artikel di Electrolux Indonesia ini menyarankan 5 makanan penghilang stres termasuk buah-buahan, kacang-kacangan, minuman, dan sebagainya untuk disimpan di lemari es Anda untuk menjaga kondisi mental yang sehat.

 

Gejala stress

 

Stres adalah bagian yang tak terhindarkan dari kehidupan yang sibuk saat ini. Setiap orang merespons stres secara berbeda, jadi penting untuk mengetahui gejala umum dan cara mengatasinya.

 

Gejala stres yang paling umum termasuk tetapi tidak terbatas pada:

 

  • Iritasi
  • Sakit kepala atau pusing
  • Ketegangan atau nyeri otot
  • Masalah perut
  • Nyeri dada atau detak jantung lebih cepat
  • Kesulitan berkonsentrasi atau pikiran terasa kosong
  • Kesulitan mengendalikan perasaan khawatir
  • Gangguan Makan
  • Gangguan tidur: tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit, tidur yang tidak memuaskan

 

>>> Artikel yang disarankan: Cara mendapatkan tidur malam yang lebih baik

 

Namun, jika kondisinya terus berlanjut atau bahkan lebih buruk dari yang pernah Anda alami sebelumnya (misalnya, memiliki pikiran untuk melukai diri sendiri atau orang lain), sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

 

Meskipun menangani stres bukanlah tugas yang mudah, kita sebenarnya dapat memilih makanan bergizi tinggi untuk membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan secara alami.

 

5 makanan penghilang stres terbaik untuk dicoba

 

Stres yang buruk dapat berdampak negatif pada kehidupan Anda, baik mental maupun fisik. Berikut daftar makanan yang dapat Anda masukkan ke dalam diet Anda untuk tubuh dan pikiran yang lebih sehat.

 

Omega-3

 

Asam lemak omega-3 secara alami merangsang serotonin – hormon bahagia yang diproduksi di usus untuk meningkatkan mood Anda. Biasanya ditemukan di makarel, salmon dan kerang.

 

Ikan berlemak sarat dengan kebaikan Omega-3, yang merupakan sumber kaya asam alfa-linolenat (ALA) menyediakan dua asam lemak esensial seperti asam eicosapentaenoic (EPA), dan asam docosahexaenoic (DHA). Faktanya, EPA dan DHA membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak yang sehat. Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin D yang bagus.

 

Jika Anda tidak menyukai makanan laut, biji rami, biji chia, dan kenari juga merupakan sumber asam lemak yang sangat baik.

 

Serat

 

Gula darah tinggi dapat menyebabkan kelelahan, kecemasan atau kabut otak. Seimbangkan kadar gula darah Anda dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang dikemas dengan serat sehingga Anda dapat bekerja secara produktif sepanjang hari.

 

Makanan kaya nutrisi seperti brokoli, kembang kol, kangkung, dan kubis Brussel dapat membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Sama seperti sayuran, juga dianjurkan untuk makan lebih banyak buah untuk menghilangkan stres. Jangan lupa untuk menambahkan buah penghilang cemas seperti apel, prem, dan beri ke dalam makanan Anda saat Anda merasa cemas.

 

Makanan fermentasi

 

Usus menghasilkan hormon bahagia yang sama seperti yang dilakukan otak. Tetap sehat untuk menurunkan tingkat stres Anda dengan memasok bakteri baik dari makanan fermentasi. Siapkan semua makanan dan minuman probiotik Anda — sebotol besar kimchi, sebotol kombucha, atau secangkir kecil yogurt.

 

Yogurt dan makanan fermentasi lainnya dikenal sebagai makanan penenang otak. Mereka juga membantu dalam perkembangan otak dan bagus untuk menghilangkan kecemasan. Makan yogurt membantu mengurangi peradangan kronis, yang bertanggung jawab atas kecemasan, stres, dan depresi.

 

Coklat hitam

 

Cokelat membantu mengangkat suasana hati Anda secara instan dan juga dapat mencegah serangan kecemasan jika dikonsumsi dengan benar. Cokelat bisa menjadi camilan yang menyenangkan, yang dapat membantu hilangkan stres.

 

Air lemon

 

Terkadang, hal-hal sederhana dapat memecahkan masalah terbesar. Minum lebih banyak air untuk mengurangi stres karena dehidrasi terkait dengan risiko kecemasan yang lebih tinggi, menurut beberapa penelitian. Tambahkan irisan lemon ke air Anda untuk memberi diri Anda dorongan vitamin C - yang dikenal untuk mengurangi tingkat stres.

 

Memiliki lemari es yang teratur dan sesuai dengan kebutuhan Anda juga dapat menghilangkan stres. Menjaga kesegaran dan rasa makanan Anda dengan mudah, dan tetap berkepala dingin dengan Kulkas UltimateTaste 900.

 

Lemari es Electrolux UltimateTaste 900 dilengkapi dengan kompartemen TasteSealFlex yang dapat dengan mudah menyesuaikan suhu yang Anda butuhkan. Ruang ini menawarkan lima setelan suhu dari -23°C hingga 7°C, memungkinkan Anda menyimpan semua jenis makanan, mulai dari sayuran segar, hingga daging dan ikan yang empuk, atau minuman dingin dan es krim.

 

Plus, kapan pun Anda membutuhkan minuman yang menyegarkan, lemari es kami dapat memberi Anda segelas es dan air dengan satu sentuhan tombol dengan fitur AutoIce. Kunjungi halaman Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Kulkas di sini untuk mendapatkan panduan bermanfaat tentang cara menggunakan lemari es Anda dengan benar.

 

Lihat produk yang direkomendasikan dari rangkaian lemari es UltimateTaste 900 kami di bawah ini:

Baru
Promo
  • Penyimpanan ideal TasteSealFlex dengan 5 pengaturan suhu.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari*.
  • Pendinginan TwinTech membantu menjaga rasa dan tekstur.

Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang koleksi lengkap lemari es kami. Di Electrolux, Anda memiliki berbagai pilihan lemari es: French door, side by side, freezer atas, dan freezer bawah.

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999