Mencampurkan Berbagai Jenis Bahan Pakaian dalam Satu Mesin Cuci, Bolehkah?

 

Salah satu trik mencuci yang paling sering kita dengar adalah, pakaian harus dipisahkan sesuai dengan tingkat kekotoran dan jenis pakaiannya. Anjuran ini sebaiknya tidak ditelan mentah-mentah, karena sebenarnya mencampur berbagai jenis pakaian dalam satu mesin cuci, boleh-boleh saja dilakukan.

Tapi meskipun begitu, ada syarat khusus yang harus diperhatikan, yakni :

  1. Pakaian tersebut dipisah antara bahan yang kasar dan berpotensi melukai, misalnya pakaian berbahan denim dan pakaian yang memiliki resleting.
  2. Pakaian harus dipisahkan sesuai dengan jenis nodanya. Jika noda berat, seperti noda lumpur, oli dan lainnya, sebaiknya hilangkan dulu noda fisik tersebut dengan pencucian manual.
  3. Pakaian yang dicampur tidak boleh ada yang luntur. Untuk pakaian luntur, sebaiknya dicuci dulu secara terpisah agar lunturan warna tersebut tidak menempel di pakaian lain.

Yang paling penting, perhatikan kapasitas mesin cuci dan produk mesin cuci yang digunakan. Karena untuk mencuci pakaian dengan bahan yang berbeda, dibutuhkan mesin cuci yang pintar dalam mencari noda, dan membersihkannya dengan maksimal, tanpa merusak kain yang sensitif.

 

 

Bahan kain apa saja yang boleh dicuci bersama?

Ada beberapa kategori dari bahan pakaian yang bisa dicuci secara bersama. Misalnya, kain lembut bisa dicuci dengan kain lembut, atau bahan kain menengah. Contohnya sutera dan turunannya, seperti sifone, satin, taffeta, dupion, thai silk, organza dan lainnya. Kain ini masuk dalam kategori kain lembut.

 

Smart Moms bisa mencuci bahan-bahan tersebut dalam satu mesin cuci, bersama dengan kain wol, flanel, spandex, katun dan lainnya. Agar lebih maksimal, gunakan mode pencucian smooth atau mode pencucian khusus kain sutera.

 

Sedangkan untuk kain kasar, umumnya diisi oleh jenis kain seperti denim, corduroy dan katun tebal atau kain katun yang bisa digunakan untuk bahan celana. Bahan ini bisa dicampur dengan jenis kain seperti drill, polyster dan nilon. Bahan-bahan tersebut tebukti cukup kuat dan bisa dicuci dengan bahan kasar.

 

Agar proses pencucian tidak memakan banyak waktu dan tidak merusak kain, sebainya Anda gunakan mesin cuci Electrolux UltimateCareā„¢, yang hadir dengan berbagai fitur menarik, sehingga proses mencuci jadi lebih mudah dilakukan, dengan hasil yang bersih maksimal.

 

Jangan khawatir dengan bahan-bahan lembut dan mudah berbulu seperti sutera dan wol, pasalnya mesin cuci ini sudah mengantongi sertifikat Woolmark Apparel Care, yang membuktikan jika Electrolux UltimateCareā„¢ aman digunakan untuk mencuci pakaian berbahan wol. Bagaimana, keren bukan?

Beli

Beli Di Toko