10 perbedaan mesin cuci front loading dan top loading

 

Saat hendak membeli mesin cuci baru, pembeli biasanya mencari produk yang bisa memberikan perawatan yang tepat untuk pakaian, menghemat waktu dan tenaga, serta harganya terjangkau. Selain faktor-faktor tersebut, apakah Anda pernah bingung dengan perbedaan antara mesin cuci front loading dan top loading?

Setiap desain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi bacalah panduan lengkap tentang Electrolux Indonesia untuk memahami apa itu mesin cuci front loading dan top loading dan bagaimana memilih yang tepat untuk kebutuhan dan anggaran Anda.

 

Apa itu mesin cuci front loading dan top loading?

Mesin cuci front loading

Mesin cuci front loading dirancang dengan bak dalam dan bak luar yang dipasang secara horizontal. Mereka menggunakan drum horizontal untuk memutar pakaian melalui air. Mereka sering tetapi tidak selalu tersedia dengan pintu bukaan samping transparan.

Dengan tata letak ini, pakaian dapat dibersihkan dengan sedikit agitasi tanpa harus benar-benar terendam air.

Di sebagian besar wilayah di dunia, mesin cuci kelas atas sering kali menggunakan jenis ini. Sebagian besar mesin cuci pakaian komersial dan industri di seluruh dunia juga memiliki desain sumbu horizontal.

Mesin cuci top loading

Mesin cuci top loading memiliki penutup di bagian atas, artinya pakaian dimuat melalui bagian atas mesin. Mereka sering tetapi tidak selalu ditutup dengan pintu berengsel.

Dengan tata letak ini, Anda dapat memuat cucian Anda dengan nyaman tanpa harus membungkuk dan yang terpenting, menambah atau memindahkan cucian di tengah siklus.

Menurut Wikipedia, mesin cuci top loading atau sumbu vertikal adalah desain yang dominan di Amerika Serikat dan Kanada.

10 perbedaan utama antara mesin cuci front loading dan top loading

Mesin cuci Electrolux front-loadingMemilih mesin cuci yang tepat bisa memakan waktu


Jadi, kita telah membahas definisi singkat tentang front loading dan top loading, tetapi mana yang merupakan pilihan tepat untuk Anda? Pilih mesin cuci top loading atau front loading? Keputusan sebagian besar tergantung pada kebutuhan dan anggaran keluarga Anda.

Untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat, lihat daftar perbedaan antara mesin cuci top loading dan front loading berikut ini:

1. Desain

Jelas, perbedaan yang paling menonjol antara kedua jenis mesin cuci ini adalah letak pintunya. Untuk mesin cuci top loading, Anda memasukkan cucian dari atas, sedangkan front loading dibuka dari bagian depan mesin.

>>> Baca lebih lanjut: 6 Perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung

2. Efisiensi energi

Mesin cuci front loading mengonsumsi lebih sedikit air daripada top loading berkat desainnya. Pasalnya, selama siklus pencucian, front loading hanya terisi air sebagian, hanya cukup untuk menutupi pakaian sepenuhnya.

Untuk lebih spesifiknya, mereka menggunakan sepertiga jumlah air yang digunakan oleh top loading. Namun, top loading mengkonsumsi lebih sedikit listrik karena waktu pencucian lebih singkat.

>>> Baca lebih lanjut: Berapa konsumsi watt listrik mesin cuci?

3. Kapasitas

Dalam hal kapasitas cuci, mesin front loading mengungguli top loading, karena mesin cuci jenis ini tidak memiliki agitator yang merupakan bagian dari top loading. Ini menyisakan lebih banyak ruang untuk pakaian, yang berarti Anda tidak perlu sering mencuci pakaian dengan front loading.

4. Kinerja pembersihan

Secara umum, mesin cuci front loading cenderung lebih baik dalam menghilangkan noda daripada mesin cuci top loading. Alasannya adalah gerakan mencuci berguling-guling pada front loader lebih efektif daripada gerakan memutar memutar pada top loader.

Cara Efisien Menghilangkan Noda dari Pakaian


Dengan mesin cuci top loading, pakaian cenderung menggumpal selama gerakan mencuci melingkar, sehingga tidak efektif saat mencuci barang yang lebih besar seperti mantel musim dingin dan bantal.

>>> Baca lebih lanjut: Mencampurkan Berbagai Jenis Bahan Pakaian dalam Satu Mesin Cuci, Bolehkah?

5. Waktu siklus

Jika Anda ingin menyelesaikan cucian Anda dengan cepat, front loading bukanlah pilihan terbaik. Itu karena mesin cuci front loading memiliki siklus pencucian yang lebih kompleks, dengan drum yang memutar pakaian dan air masuk dan keluar dari tabung selama siklus.

Top loading memiliki waktu siklus yang lebih pendek karena diisi dengan air hanya sekali selama pencucian.

6. Berputar cepat

Mesin front loading memiliki kecepatan putaran yang lebih tinggi, sekitar 1500 RPM (putaran per menit), sehingga dapat mengekstrak lebih banyak air dari pakaian dan menghemat waktu pengeringan. Sebaliknya, mesin top loading hanya menghasilkan sekitar 600 RPM.

7. Kebisingan

Front loading lebih senyap dan mengurangi getaran saat mencuci.

8. Konsumsi ruang

Mesin cuci top loading lebih sempit, artinya Anda dapat menempatkan mesin di ruang yang lebih kecil.

9. Kenyamanan

Mesin cuci top loading lebih nyaman karena Anda dapat dengan bebas menambah atau memindah pakaian ke dan dari mesin cuci. Selain itu, jika Anda memiliki masalah punggung atau lutut, Anda akan lebih sulit untuk menurunkan pakaian Anda dari front loading.

Selain itu, anak-anak dapat masuk ke dalam mesin cuci front loading Anda karena pintunya lebih rendah.

Menambahkan pakaian di tengah siklus dimungkinkan dengan front loading Electrolux


10. Harga

Anda biasanya akan menemukan top loading lebih murah daripada front loading.

>>> Baca lebih lanjut: Panduan Pembelian Mesin Cuci?

Tabel perbandingan: Mesin cuci front loading vs top loading

Untuk merangkum semua kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mesin cuci ini, kami memiliki tabel untuk Anda bandingkan:

 

Front loading

Top loading

Pros

  • Kecepatan putaran lebih tinggi, sehingga pakaian Anda akan lebih cepat kering
  • Pakaian lebih bersih dan sedikit kerusakan pada kain
  • Konsumsi air lebih sedikit
  • Memiliki lebih banyak fitur
  • Lebih sedikit kebisingan selama siklus putaran
  • Ukuran lebih kecil, cocok untuk ruangan yang lebih kecil
  • Harga yang lebih murah
  • Mengkonsumsi lebih sedikit listrik
  • Mudah digunakan
  • Lebih aman untuk keluarga dengan anak-anak
  • Dapat digunakan dengan sebagian besar deterjen

Cons

  • Lebih mahal
  • Mengkonsumsi lebih banyak listrik
  • Hanya dapat menggunakan beberapa deterjen tertentu
  • Dapat merusak pakaian lebih banyak
  • Konsumsi lebih banyak air
  • Tidak memiliki banyak fitur
  • Lebih bising dan bergetar

Mesin cuci front loading dan top loading yang kami rekomendasikan

Memilih mesin cuci yang tepat bisa memakan waktu. Electrolux terkenal dengan mesin cuci kami yang berkualitas tinggi dan tahan lama yang dirancang agar sesuai dengan anggaran Anda tanpa mengurangi kinerja pembersihan.

Untuk memudahkan pencarian Anda untuk mesin cuci terbaik, lihat berbagai pilihan kami mesin cuci Electrolux front load dan top load.

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999