title background

10 perbedaan mesin cuci front loading dan top loading

11 menit membaca |

Saat hendak membeli mesin cuci baru, pembeli biasanya mencari produk yang bisa memberikan perawatan yang tepat untuk pakaian, menghemat waktu dan tenaga, serta harganya terjangkau. Selain faktor-faktor tersebut, apakah Anda pernah bingung dengan perbedaan antara mesin cuci front loading dan top loading?

Setiap desain memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi bacalah panduan lengkap tentang Electrolux Indonesia untuk memahami apa itu mesin cuci front loading dan mana yang lebih baik dalam hal biaya, efisiensi listrik dan air.

 

Apa itu mesin cuci front loading dan top loading?


Mesin cuci front loading


Mesin cuci front loading dirancang dengan bak dalam dan bak luar yang dipasang secara horizontal. Mereka menggunakan drum horizontal untuk memutar pakaian melalui air. Mereka sering tetapi tidak selalu tersedia dengan pintu bukaan samping transparan.

Dengan tata letak ini, pakaian dapat dibersihkan dengan sedikit agitasi tanpa harus benar-benar terendam air.

Di sebagian besar wilayah di dunia, mesin cuci kelas atas sering kali menggunakan jenis ini. Sebagian besar mesin cuci pakaian komersial dan industri di seluruh dunia juga memiliki desain sumbu horizontal.

Mesin cuci top loading


Mesin cuci top loading memiliki penutup di bagian atas, artinya pakaian dimuat melalui bagian atas mesin. Mereka sering tetapi tidak selalu ditutup dengan pintu berengsel.

Dengan tata letak ini, Anda dapat memuat cucian Anda dengan nyaman tanpa harus membungkuk dan yang terpenting, menambah atau memindahkan cucian di tengah siklus.

Menurut Wikipedia, mesin cuci top loading atau sumbu vertikal adalah desain yang dominan di Amerika Serikat dan Kanada.

10 perbedaan utama antara mesin cuci front loading dan top loading


Mesin cuci Electrolux front-loadingMemilih mesin cuci yang tepat bisa memakan waktu


Jadi, kita telah membahas definisi singkat tentang front loading dan top loading, tetapi mana yang merupakan pilihan tepat untuk Anda? Pilih mesin cuci top loading atau front loading? Keputusan sebagian besar tergantung pada kebutuhan dan anggaran keluarga Anda.

Untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat, lihat daftar perbedaan antara mesin cuci top loading dan front loading berikut ini:

1. Desain


Jelas, perbedaan yang paling menonjol antara kedua jenis mesin cuci ini adalah letak pintunya. Untuk mesin cuci top loading, Anda memasukkan cucian dari atas, sedangkan front loading dibuka dari bagian depan mesin.

>>> Baca lebih lanjut: 6 Perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung

2. Efisiensi energi


Mesin cuci front loading mengonsumsi lebih sedikit air daripada top loading berkat desainnya. Pasalnya, selama siklus pencucian, front loading hanya terisi air sebagian, hanya cukup untuk menutupi pakaian sepenuhnya.

Untuk lebih spesifiknya, mereka menggunakan sepertiga jumlah air yang digunakan oleh top loading. Namun, top loading mengkonsumsi lebih sedikit listrik karena waktu pencucian lebih singkat.

>>> Baca lebih lanjut:

3. Kapasitas


Dalam hal kapasitas cuci, mesin front loading mengungguli top loading, karena mesin cuci jenis ini tidak memiliki agitator yang merupakan bagian dari top loading. Ini menyisakan lebih banyak ruang untuk pakaian, yang berarti Anda tidak perlu sering mencuci pakaian dengan front loading.

4. Kinerja pembersihan


Secara umum, mesin cuci front loading cenderung lebih baik dalam menghilangkan noda daripada mesin cuci top loading. Alasannya adalah gerakan mencuci berguling-guling pada front loader lebih efektif daripada gerakan memutar memutar pada top loader.

Cara Efisien Menghilangkan Noda dari Pakaian


Dengan mesin cuci top loading, pakaian cenderung menggumpal selama gerakan mencuci melingkar, sehingga tidak efektif saat mencuci barang yang lebih besar seperti mantel musim dingin dan bantal.

>>> Baca lebih lanjut: Mencampurkan Berbagai Jenis Bahan Pakaian dalam Satu Mesin Cuci, Bolehkah?

5. Waktu siklus


Jika Anda ingin menyelesaikan cucian Anda dengan cepat, front loading bukanlah pilihan terbaik. Itu karena mesin cuci front loading memiliki siklus pencucian yang lebih kompleks, dengan drum yang memutar pakaian dan air masuk dan keluar dari tabung selama siklus.

Top loading memiliki waktu siklus yang lebih pendek karena diisi dengan air hanya sekali selama pencucian.

6. Berputar cepat


Mesin front loading memiliki kecepatan putaran yang lebih tinggi, sekitar 1500 RPM (putaran per menit), sehingga dapat mengekstrak lebih banyak air dari pakaian dan menghemat waktu pengeringan. Sebaliknya, mesin top loading hanya menghasilkan sekitar 600 RPM.

7. Kebisingan


Front loading lebih senyap dan mengurangi getaran saat mencuci.

8. Konsumsi ruang


Mesin cuci top loading lebih sempit, artinya Anda dapat menempatkan mesin di ruang yang lebih kecil.

9. Kenyamanan


Mesin cuci top loading lebih nyaman karena Anda dapat dengan bebas menambah atau memindah pakaian ke dan dari mesin cuci. Selain itu, jika Anda memiliki masalah punggung atau lutut, Anda akan lebih sulit untuk menurunkan pakaian Anda dari front loading.

Selain itu, anak-anak dapat masuk ke dalam mesin cuci front loading Anda karena pintunya lebih rendah.

Menambahkan pakaian di tengah siklus dimungkinkan dengan front loading Electrolux


10. Harga


Anda biasanya akan menemukan top loading lebih murah daripada front loading. Jika Anda mencari mesin cuci top-loading yang menawarkan fitur premium dengan harga terjangkau, jelajahi beberapa produk dari rangkaian mesin cuci top-loading kami di bawah ini:

  • UltraMix mencegah residu deterjen yang terlihat*.
  • PowerJet memastikan pencucian dan pembersihan yang sempurna.
  • ActiveFlow mengangkat pakaian untuk mencegah kusut.
Baru
  • Logika fuzzy menyesuaikan pengaturan untuk hasil yang luar biasa.
  • Siklus cepat untuk muatan cucian yang sedikit.
  • Tutup tahan lama yang menutup tanpa suara dan aman.

Apa kelebihan mesin cuci front loading dibanding top loading?


Sekarang, Anda mungkin sudah menyadari bahwa perbedaan antara mesin cuci front loading dan top loading tidak hanya sebatas penempatan pintunya. Tapi mana yang lebih unggul: top-loading atau front-loading?

Di bawah ini, kami menguraikan beberapa keunggulan utama mesin cuci front loading untuk membantu Anda memahami mengapa memilih front loading mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Hemat lebih banyak uang dalam jangka panjang

 

"Kenapa mesin cuci front loading lebih mahal?" Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan orang saat membeli mesin cuci baru. Bagian ini akan memberikan jawabannya.

Mesin cuci front-loading lebih mahal di awal karena desainnya yang lebih kompleks dan canggih daripada mesin cuci top-loading. Namun, investasi awal ini dapat diimbangi dalam jangka panjang, terutama jika Anda mencuci pakaian secara sering.

Hal ini karena semua mesin cuci front-loading dirancang dengan efisiensi tinggi (HE) dalam pikiran. Ini berarti mereka dapat beroperasi dengan lebih sedikit air dan energi tanpa mengurangi hasil bersih yang kuat. Meskipun mesin cuci top-loading baru juga dapat hemat energi, mesin cuci front-loading masih tak tertandingi dalam hal penghematan air dan energi.

Lebih hemat air dan energi

 

Kenapa mesin cuci front loading lebih irit air? Rahasianya ada pada desain drum dan gerakannya yang berputar.

Karena gravitasi, pakaian saling bertabrakan berulang kali di kolam air dangkal dan dibersihkan secara menyeluruh oleh deterjen — memberikan hasil bersih yang baik dengan sedikit air. Dengan mesin cuci top loading, pakaian perlu direndam dalam kolam air yang dalam untuk menghilangkan kotoran.

Juga umum untuk melihat mesin cuci front loading dengan label energi, yang menyatakan bahwa mereka mematuhi pedoman energi ketat suatu negara.

Sebagian besar mesin cuci front loading Electrolux menggunakan motor EcoInverter, yang mengurangi konsumsi energi secara signifikan, sekaligus mengurangi getaran untuk memberikan kinerja yang tenang dan andal.

Pastikan membaca posting kami tentang Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis untuk memaksimalkan semua manfaatnya.

Perawatan yang lebih baik untuk pakaian Anda – dan keluarga Anda

 

Mesin cuci front loading tidak memiliki agitator atau agitator impeller, sehingga membersihkan pakaian dengan lembut namun efisien.

Pakaian tidak akan terlilit atau kusut, yang berarti pakaian halus, sutra, dan wol Anda akan mendapatkan perawatan terbaik yang mungkin. Putaran yang lebih cepat berarti lebih banyak air akan dihilangkan dari pakaian, membantu mengurangi waktu pengeringan dan paparan panas yang lama di pengering, sehingga memperpanjang umur pakaian Anda.

Secara umum, front loader memiliki teknologi dan fitur yang lebih canggih daripada top loader. Beberapa di antaranya dapat melakukan pembersihan uap, menghilangkan alergen, dan konektivitas ponsel cerdas 

Beberapa mesin cuci Electrolux seperti Mesin cuci front loading 10kg ini menambahkan lapisan perlindungan ekstra untuk keluarga Anda berkat fitur HygienicCare. Setelah siklus, pakaian disemprot dengan uap lembut untuk menghilangkan hingga 99,9% alergen dan kuman. Uap tersebut hanya pada suhu 40°C yang lembut pada pakaian Anda.

Pernahkah Anda melihat bintik-bintik putih di pakaian Anda setelah dicuci? Mungkin itu deterjen yang tidak larut. Mesin cuci front loading 9kg dari Electrolux ini dilengkapi dengan teknologi UltraMix yang dapat mencegah hal ini dengan mencampur deterjen dan pelembut dengan air secara menyeluruh sebelum memasuki drum.

Bahkan saat Anda menghilangkan noda yang membandel, Anda dapat yakin bahwa pakaian berharga Anda mendapatkan perawatan terbaik. Mesin cuci front loading 11kg dari rangkaian Electrolux UltimateCare 700 dilengkapi dengan SensorWash, yang memungkinkan Anda melewatkan pra-perawatan dan langsung mencuci. Sensor AI secara otomatis mendeteksi tingkat kotoran dan kemudian menyesuaikan durasi siklusnya sesuai untuk menghilangkan 49 noda membandel yang terlihat berbeda seperti minyak, anggur merah, lumpur, dan cokelat dengan mudah.

>>> Bacaan terkait: Bagaimana cara merawat pakaian yang baik

Optimalkan ruang cucian

 

Keuntungan mesin cuci front loading yang ke-empat dibandingkan dengan mesin cuci top loading adalah tentang kegunaan ruang cuci.

Mesin cuci front loading dapat ditumpuk dengan Anda, sehingga memanfaatkan ruang dengan lebih baik, dibandingkan dengan mesin cuci top loading. Ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki area laundry khusus, memberikan fleksibilitas untuk menyimpan mesin cuci dan pengering Anda di kamar mandi, lemari utilitas kecil, atau bahkan di balkon yang terlindung.

Untuk mesin cuci top loading, pintunya berada di bagian atas mesin, yang berarti ruang di atasnya tidak dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kebutuhan rumah lainnya seperti rak dan penyimpanan lainnya. 

Untuk memasang mesin cuci dan pengering Anda, stacking kit adalah solusi sederhana dan brilian. Idealnya, mesin cuci dan pengering Anda harus berasal dari merek yang sama agar keduanya bekerja dengan harmonis dan menciptakan estetika yang mulus di laundry Anda. Misalnya, mesin cuci dan pengering UltimateCare Electrolux memiliki fitur fungsional dan desain yang saling melengkapi.

Untuk meminimalkan membungkuk saat memuat dan membongkar, pasang mesin cuci depan pada alas cuci untuk menaikkannya ke ketinggian kerja yang nyaman.

 

Tabel perbandingan: Kelebihan dan Kekurangan Mesin cuci front loading vs top loading


Untuk merangkum semua kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading dan top loading, kami memiliki tabel untuk Anda bandingkan:

 

Mesin cuci front loading

Mesin cuci top loading

Kelebihan

  • Kecepatan putaran lebih tinggi, sehingga pakaian Anda akan lebih cepat kering
  • Pakaian lebih bersih dan sedikit kerusakan pada kain
  • Konsumsi air lebih sedikit
  • Memiliki lebih banyak fitur
  • Lebih sedikit kebisingan selama siklus putaran
  • Ukuran lebih kecil, cocok untuk ruangan yang lebih kecil
  • Harga yang lebih murah
  • Mengkonsumsi lebih sedikit listrik
  • Mudah digunakan
  • Lebih aman untuk keluarga dengan anak-anak
  • Dapat digunakan dengan sebagian besar deterjen

Kekurangan

  • Lebih mahal
  • Mengkonsumsi lebih banyak listrik
  • Hanya dapat menggunakan beberapa deterjen tertentu
  • Dapat merusak pakaian lebih banyak
  • Konsumsi lebih banyak air
  • Tidak memiliki banyak fitur
  • Lebih bising dan bergetar

Berikut adalah infografis yang memberikan perbandingan yang lebih jelas antara mesin cuci front loading dan top loading:

kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading dan top loading



Pilih mesin cuci front loading Electrolux untuk hasil yang lebih baik

 

Memilih mesin cuci  adalah salah satu keputusan peralatan rumah tangga terpenting yang akan Anda buat. Bagaimana penampilan pakaian Anda, tagihan Anda, bahkan cara Anda menikmati mencuci - semua ini dapat dipengaruhi secara signifikan oleh pilihan Anda.

Mesin cuci front loading memang lebih mahal di awal, tetapi diri Anda di masa depan mungkin akan berterima kasih kepada Anda karena telah membuat investasi yang bermanfaat ini.

Dengan teknologi laundry canggih yang mengubah permainan, mesin cuci front-loading Electrolux memberikan tingkat perawatan tertinggi. Mereka mempertahankan vibrasi warna, melestarikan barang-barang berharga, sekaligus meningkatkan pengalaman laundry Anda dan mengurangi dampak lingkungan Anda. Bukankah itu yang Anda, pakaian Anda, dan planet ini pantas dapatkan?

Jika Anda masih bingung dengan jenis mesin cuci mana yang tepat untuk Anda, kami memiliki panduan pembelian lengkap untuk referensi lebih lanjut Anda. Lihatlah tip paling membantu tentang Cara Memilih Mesin Cuci yang Bagus di sini.

Juga, untuk menyederhanakan pencarian Anda untuk mesin cuci front-loading terbaik, lihatlah rangkaian mesin cuci front loading Electrolux kami yang luas:

  • AutoDose untuk dosis yang tepat, mengurangi keausan*.
  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
Baru
  • Tidak ada lagi residu deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Motor EcoInverter menggunakan 50% lebih sedikit energi*.

FAQs tentang mesin cuci front load vs top load

compare channel adviser image
Beli
    (0804) 111 9999