Tips Pintar Mencuci Pakaian Batik dengan Mesin Cuci


Batik bukan sekadar kain bermotif tradisional, melainkan juga salah satu identitas masyarakat Indonesia. Penggunaannya pun sekarang tak hanya untuk busana daerah. Anda dapat menemukan batik sebagai pakaian formal untuk berbagai acara resmi hingga kasual untuk bersantai.

Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati saat mencuci batik, khususnya yang dibuat dengan tangan. Sebelum kemungkinan buruk terjadi, mari simak kiat-kiatnya di bawah ini!

Mencuci batik menggunakan mesin cuci

Sebagian orang memilih mencuci batik secara manual untuk menjaga serat kain dan warna motifnya. Lantas, apakah membersihkan kain tradisional tersebut dengan mesin cuci berbahaya? Tak sepenuhnya benar, kok, apalagi kalau perangkat yang Anda pakai adalah Mesin Cuci Electrolux UltraEco EWF8005EQWA.

Mesin Cuci Electrolux UltraEco EWF8005EQWA memiliki 2 program baru pencucian eksklusif - Hijab dan Batik yang tidak hanya mampu menyingkirkan noda dan kotoran pada pakaian batik, tapi juga melindungi warna pakaian batik Anda tetap terlihat cerah. Sistem UltraEco pada mesin cuci ini memungkinkan program pencucian berjalan dengan daya lebih rendah sehingga Anda bisa menghemat energi listrik.

Untuk pencucian maksimal, simak juga panduan berikut ini! 

  1. Baca cermat label perawatan pada pakaian batik. Cari label perawatan di bagian belakang kerah atau dalam pakaian. Jangan dicabut, karena label tersebut memuat informasi seputar hal-hal yang aman dilakukan untuk mencuci batik dan mana yang tak boleh diaplikasikan;
  2. Bersihkan noda secara manual. Anda menemukan noda atau kotoran di permukaan kain batik? Jangan langsung dimasukkan ke mesin cuci! Bersihkan dulu dengan kain yang dibasahi dan diberikan sedikit detergen. Usap perlahan sampai noda memudar dan diamkan sejenak;
  3. Masukkan bersama pakaian dengan warna senada. Untuk menghindari kelunturan atau malah mengotori yang lain, masukkan pakaian batik dengan yang warnanya senada ke mesin cuci. Tipe kain juga mempengaruhinya, jadi pastikan teksturnya tak jauh dengan batik;
  4. Pakai program ekslusif – Program Batik yang dimiliki oleh Mesin Cuci Electrolux UltraEco EWF8005EQWA. Dua program pencucian ini sangat direkomendasikan untuk mencuci pakaian berbahan batik.
  5. Keringkan di tempat teduh. Setelah selesai, keringkan pakaian batik di tempat teduh untuk menghindari perubahan warna maupun serat-serat kainnya.


Semoga dengan panduan ini Anda lebih berhati-hati membersihkan batik dengan mesin cuci!



Beli

Beli Di Toko