title background

Cara mencuci jaket di mesin cuci

7 menit membaca |

Dalam hal pakaian, jaket adalah salah satu pelindung utama kita. Mereka melindungi kita dari hawa dingin dan melindungi kita dari kotoran dan hujan.

Namun, itu artinya mereka terus-menerus terpapar elemen dan dapat menumpuk banyak kotoran dan bau. Dalam artikel ini, Electrolux Indonesia akan menunjukkan kepada Anda tips bermanfaat tentang cara mencuci jaket favorit Anda di mesin cuci tanpa merusaknya. Anda juga akan menemukan tips mencuci jaket kulit, suede, parasut, dan jenis lainnya!

1. Baca label perawatan di jaket Anda dengan teliti


Pertama, mengapa Anda harus selalu melihat dengan teliti label perawatan pakaian atau instruksi perawatan lain yang Anda terima saat membeli jaket, t-shirt, atau jenis pakaian lainnya.

Bagaimana label ini dapat terlihat dan seberapa detailnya tergantung pada merek pakaiannya. Beberapa merek pakaian menyertakan panduan perawatan detail pada produk mereka untuk memastikan Anda tahu persis apa yang harus dilakukan dalam perawatannya. Namun, sebagian besar pakaian hanya dilengkapi dengan label perawatan standar, biasanya dipasang di bagian belakang kerah atau jahitan lain di bagian dalam pakaian.

Label perawatan dengan kata-kata sederhana


Label ini juga bisa terlihat sangat berbeda. Yang paling mudah dipahami adalah label yang memberikan instruksi perawatannya dengan kata-kata sederhana – “Hanya cuci kering” atau “Hanya cuci tangan”, misalnya. Aturan ini mudah diikuti, sehingga siapa pun akan tahu untuk tidak memasukkan jaket dengan petunjuk perawatan tersebut ke dalam mesin cuci.

Label perawatan dengan simbol


Namun, bentuk label perawatan yang lebih umum menggunakan simbol. Dan simbol-simbol ini seringkali dapat menyebabkan kesalahpahaman – dengan konsekuensi yang berpotensi membawa malapetaka untuk pakaian favorit Anda.

Berikut adalah beberapa simbol terpenting yang perlu Anda ketahui jika ingin mencuci jaket:

  • Tabung dengan tangan di dalamnya: Artinya “hanya bisa dicuci dengan tangan”, jadi jangan memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci. Anda bahkan mungkin ingin menggunakan deterjen yang dirancang khusus untuk mencuci tangan.
  • Tabung dengan tanda X di atasnya: Ini berarti “dry clean only”, sehingga jaket tidak boleh basah. Ini mungkin berlaku untuk banyak garmen yang terbuat dari produk hewani seperti kulit, suede atau bulu, tetapi juga beberapa bahan sintetis.

cara-mencuci-jaket-di-mesin-cuci-02.jpg

>>> Baca selengkapnya: Bagaimana cara merawat pakaian yang baik

2. Hilangkan noda pada jaket Anda


Ini adalah salah satu tips yang wajib diketahui tentang cara aman mencuci jaket di mesin cuci. Sebelum memasukkan jaket Anda ke dalam mesin cuci, pastikan untuk memeriksanya apakah ada noda.

Dengan jaket yang sudah lama Anda kenakan, noda lama mungkin telah mengering dan masuk jauh ke dalam serat pakaian, jadi ada baiknya melakukan perawatan awal untuk noda yang sangat membandel.

Anda dapat menggunakan penghilang noda yang dirancang khusus atau deterjen cair biasa untuk ini. Ambil sedikit cairan, oleskan ke noda dan gosok dengan lembut. Kemudian biarkan bekerja selama 10 menit sebelum Anda memasukkan jaket ke dalam mesin cuci.

Jika Anda tidak memiliki detergen cair atau penghilang noda, sabun cuci piring juga bisa digunakan.

>>> Artikel terkait: Cara memilih detergen yang tepat untuk mesin cuci front loading

3. Ritsleting atau kancingkan jaket Anda


Ritsleting atau kancing yang longgar dapat merusak kain di dalam mesin cuci, jadi sebaiknya tutup sepenuhnya. Hal yang sama berlaku untuk ritsleting saku. Dalam prosesnya, pastikan juga kantongnya kosong.

cara-mencuci-jaket-di-mesin-cuci-03.jpg

4. Cuci setiap jaket secara terpisah


Untuk menghindari kerusakan bahan, sebaiknya setiap jaket dicuci sendiri-sendiri. Hal ini untuk menghindari jaket tersangkut satu sama lain, yang dapat menyebabkan kerusakan.

5. Pilih siklus yang dingin dan lembut


Semua jaket harus diperlakukan sebagai pakaian halus dalam hal cara mencucinya dengan aman di mesin cuci, jadi pilihlah siklus yang lembut untuk jaket tersebut.

Bergantung pada mesin cuci Anda, siklus seperti itu mungkin disebut "Delicate", "Gentle", atau "Handwash", tetapi lihat panduan pengguna Anda untuk memastikan siklus pencucian mana yang paling lembut yang ditawarkan mesin cuci Anda. Baca artikel kami tentang cara menggunakan mesin cuci 1 tabung untuk menemukan petunjuk bermanfaat untuk memilih program yang tepat.

Selanjutnya, pilihlah air dingin untuk lebih melindungi serat pakaian dan pastikan jaket Anda tidak rusak.

6. Seberapa sering Anda harus mencuci jaket?


Seberapa sering mencuci jaket tergantung pada bahan dan kegunaan jaket Anda. Berikut beberapa contohnya:

Mantel musim dingin dan jaket bulu angsa: Cuci sekali atau dua kali per musim


Jika Anda tinggal di tempat yang dingin, Anda akan menikmati penggunaan jaket yang bagus dan nyaman. Dan kecuali jika sangat kotor atau ternoda, tidak perlu terlalu sering mencuci jaket ini. Sekali atau dua kali per musim sudah cukup.

cara-mencuci-jaket-di-mesin-cuci-04.jpg

Jaket fleece: Bersihkan setelah dipakai enam sampai tujuh kali


Jaket fleece bagus untuk cuaca dingin yang masih terlalu hangat untuk mantel musim dingin yang tepat. Permukaan fleece menarik lebih banyak kotoran daripada jaket halus, jadi bersihkan setelah dipakai sekitar enam hingga tujuh kali.

Blazer/jas: Bersihkan setelah dipakai empat sampai lima kali


Jenis jaket ini juga tidak perlu dibersihkan setelah digunakan. Bergantung pada kondisinya (misalnya, apakah Anda banyak berkeringat saat memakainya?), Tidak apa-apa untuk mencucinya setelah memakainya sekitar empat hingga lima kali.


>>> Baca selengkapnya:


7. Cara mencuci jaket kulit, suede & berbagai jenis: Tips ekstra


Cara mencuci jaket kulit, suede atau bulu


Bahan-bahan ini tidak direkomendasikan untuk mesin cuci. Biasanya hanya dry-clean. Bulu imitasi, sebaliknya, dapat dicuci di mesin cuci dengan siklus halus.

Tip mencuci untuk jaket down dan parasut


Pilih siklus pencucian yang halus dan opsi suhu rendah yang singkat pada pengering. Hanya 20 menit di pengering akan membuat jaket tetap lembut. Jika Anda memasukkan beberapa bola tenis ke dalam pengering, efeknya akan lebih baik.

Sangat disarankan untuk menggunakan mesin cuci front load untuk jaket bulu angsa karena agitator pada top load dapat merusak bahan yang rapuh dalam jangka panjang.

cara-mencuci-jaket-di-mesin-cuci-05.jpg


>>> Artikel terkait:


Tips mencuci jaket fleece


Jaket fleece harus selalu dicuci luar dalam untuk melindungi permukaan fleece. Untuk jaket jenis lain, tidak perlu dibalik. Jangan mengeringkan jaket bulu karena bahannya bisa rusak.

Tip mencuci untuk jaket wol

 

Hanya cuci jaket wol jika label perawatan mengizinkannya dan mesin cuci Anda memiliki siklus wol atau halus. Sebagian besar mesin cuci terbaru sekarang menawarkan program pencucian khusus untuk pakaian wol.

Jangan memasukkannya ke dalam pengering karena akan menyusut. Gantung-keringkan saja.

Cara mencuci pakaian & kain halus seperti sutra, renda, dan wol dengan mesin cuci Electrolux

Mesin cuci Electrolux memberikan perawatan yang sempurna untuk jaket Anda

 

Secara umum, yang terbaik adalah berhati-hati dalam hal cara mencuci dan mengeringkan jaket dengan benar. Kecuali label perawatan secara eksplisit mengatakan bahwa memasukkannya ke dalam mesin cuci baik-baik saja, pilihlah untuk mencuci tangan atau bahkan dry cleaning.

Anda harus lebih berhati-hati saat mengeringkan jaket dengan mesin pengering, karena panas dapat dengan mudah merusak serat sensitif atau menyusutkan pakaian Anda.

cara-mencuci-jaket-di-mesin-cuci-06.jpg

Dengan mesin cuci Electrolux dengan fitur-fitur seperti siklus wol bersertifikasi Woolmark dan pengaturan suhu dan kelembutan yang fleksibel, mencuci jaket Anda menjadi lebih mudah dari sebelumnya – dengan ketenangan pikiran, mengetahui bahwa jaket favorit Anda mendapatkan perawatan yang sempurna.

Jika Anda sedang mencari mesin cuci baru, temukan tips memilih mesin cuci di sini atau lihat beberapa mesin cuci terlaris kami di bawah ini:

  • AutoDose untuk dosis yang tepat, mengurangi keausan*.
  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
Baru
  • Tidak ada lagi residu deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Motor EcoInverter menggunakan 50% lebih sedikit energi*.
  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Membersihkan dengan lembut namun kuat dengan CyclonicCare.
  • Drum berbentuk prisma meminimalkan gesekan dan kekusutan.
  • Tub Clean menjaga mesin Anda tetap bersih dan higienis.

FAQ tentang cara mencuci jaket

Beli
    (0804) 111 9999