Adakah Aturan Khusus Suhu Air yang Digunakan untuk Mencuci Baju?




Adakah Aturan Khusus Suhu Air yang Digunakan untuk Mencuci.png

Tanpa air, Anda pasti bakal kesulitan membersihkan pakaian, bukan? Air pula yang akan melarutkan detergen yang digunakan untuk mengusir kotoran. Akan tetapi, ada satu hal yang kurang diperhatikan segelintir orang: temperatur air yang digunakan.

Mencuci pakaian tanpa memperhatikan suhu air berpotensi merusak kain dan kualitasnya. Beberapa bahan kain sangat rentan luntur, rusak, hingga melonggar. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari dulu temperatur air yang sesuai dengan jenis kotoran maupun kain.

  • Air panas

Air dengan suhu panas direkomendasikan untuk membersihkan pakaian berwarna putih. Selain itu, pakaian yang sangat kotor seperti popok akan cepat bersih kalau Anda memakai air panas. Dalam hal ini temperatur yang dianjurkan adalah 54oC agar semua kotoran dan kuman cepat terangkat.

Selain pakaian, sprei, lap dapur, dan handuk dapat Anda cuci juga dengan air panas. Pakaian yang terkena noda berat seperti oli dan minyak juga akan cepat hilang bila Anda memakai jenis air tersebut. Namun, ada baiknya Anda memeriksa dulu label pencucian yang terdapat pada bagian dalam pakaian untuk menghindari penyusutan dan kerusakan lainnya.

  • Air hangat

Air hangat yang dipakai untuk mencuci pakaian harus berada di temperatur 32oC. Karena suhunya tak terlalu panas atau dingin, maka jenis air tersebut cocok dimanfaatkan untuk membersihkan pakaian berbahan jeans, sintetis, dan rajutan.

Kemudian, pakaian berwarna gelap dan sedikit kotor aman dibersihkan juga dengan air hangat. Pada dasarnya air hangat cocok untuk sebagian besar jenis pakaian, sebab temperatur yang digunakan tidak akan memicu penyusutan pada pakaian.

  • Air dingin

Tidak sedikit orang yang menganggap air dingin cocok untuk semua tipe pakaian. Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, karena suhu dingin tak akan merusak bahan kain dan efektif mengangkat noda serta kotoran membandel.

Ada pun jenis-jenis pakaian yang paling ideal dibersihkan memakai air dingin. Sebut saja pakaian yang mudah luntur, berbahan lembut (wol, sutra, stocking), mempunyai konstruksi halus (memiliki payet atau renda), dan tak terlalu kotor. Menyoal temperatur, suhu yang dianjurkan untuk membersihkan pakaian-pakaian ini adalah di bawah 23oC.

Selain memperhatikan suhu air untuk membersihkan pakaian, Anda juga tak boleh melupakan mesin cuci yang digunakan. Electrolux sebagai produsen perangkat elektronik terpercaya menghadirkan Mesin Cuci UltimateCare™ 500 WF8025EQWA untuk mendapatkan hasil pencucian terbaik. 

Mesin Cuci UltimateCare™ 500 EWF8025EQWA memungkinkan Anda mencuci pakaian dengan suhu air yang cocok dengan bahan pakaian yang akan Anda cuci. Dengan fitur ini Anda bisa membersihkan pakaian secara maksimal tanpa harus merusak kain sekaligus mengoptimalkan pemakaian air bersih dalam suhu tertentu.


Selamat mencuci!

 

 

Beli

Beli Di Toko