9 tips jitu cara menghemat daya listrik mesin cuci

6 menit membaca |

9 tips jitu cara menghemat daya listrik mesin cuci

Walaupun sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, mesin cuci dapat memakan banyak daya listrik. Banyak orang yang bertanya “apakah mesin cuci boros listrik?” dan “berapa watt yang dibutuhkan oleh mesin cuci?”

Di artikel ini, Electrolux Indonesia akan menjawab semua pertanyaan ini sekaligus menunjukkan cara menghemat daya listrik mesin cuci dengan 9 tips mudah.

Tapi, mari kita cari tahu berapa daya yang dibutuhkan mesin cuci.

Mesin cuci berapa watt yang digunakan?

Penggunaan listrik tiap mesin cuci berbeda karena beberapa faktor seperti ukuran mesin cuci, usia, efisiensi, dan pengaturan pencucian. Mesin cuci dapat menggunakan 500-2500 watt untuk satu siklus pencucian. Tapi, umumnya listrik yang digunakan sebanyak 1000 watt setiap mencuci.

Jika Anda menggunakan mesin cuci tiga kali seminggu, maka mesin cuci Anda menggunakan 150 kWh per tahun.

Perlu diingat bahwa rata-rata mesin cuci didesain menggunakan sirkuit 15Amp 120 Volt, atau mampu menggunakan listrik hingga 1800 watt. Model yang lebih baru dan hemat energi bisa jauh lebih hemat dan hanya menggunakan 150 hingga 500 watt setiap kali mencuci.

Di artikel tentang berapa watt yang digunakan mesin cuci kami menunjukkan penghitungan mudah untuk mengetahui berapa biaya bulanan untuk pemakaian mesin cuci.

9 tips cara menghemat daya listrik mesin cuci

Mencuci dengan kapasitas Penuh

Mencuci dengan kapasitas penuh lebih hemat energi karena mesin cuci menggunakan jumlah watt yang sama untuk pemakaian penuh ataupun sebagian. Lagi pula, mencuci dalam jumlah besar berarti Anda tidak perlu sering mencuci, sehingga lebih hemat energi.

Tapi perlu berhati-hati untuk tidak memaksakan mesin cuci, karena dapat mengurangi efektivitas dan mempercepat kerusakan mesin. Baca buku panduan untuk mengetahui berat yang tepat untuk tiap mode pencucian.

9 tips cara menghemat daya listrik mesin cuci

Gunakan Jumlah Air Yang Tepat

Jumlah air yang terlalu banyak berarti membuang energi, dan terlalu sedikit air berarti pencucian tidak akan efektif. Sebagian besar produk mesin cuci otomatis seperti dari Electrolux memiliki teknologi yang secara otomatis mengatur jumlah air yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah cucian yang masuk.

Jika fitur ini tidak ada di mesin cuci Anda, maka ketahui jumlah tepat untuk tiap pencucian. Semua pakaian harus bisa terbenam, tapi tidak membuang banyak air.

Gunakan Jumlah Air Yang Tepat

Gunakan Air Dingin

Memanaskan air adalah salah satu bagian mencuci yang menggunakan listrik paling banyak. Mencuci di air dingin dapat mengurangi penggunaan energi listrik hingga 90%. Air dingin juga lebih baik untuk merawat pakaian, terutama dalam menjaga kualitas bahan dan warna.

Beberapa noda hanya dapat dibersihkan dengan air panas, jadi periksa kembali panduan pencucian sebelum mencuci. Jika ada noda membandel, sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu sebelum dicuci di mesin cuci.

Pilih Mode Eco

Jika mesin cuci Anda memiliki pilihan “eco” yang dapat dimanfaatkan dengan baik, karena mode pencucian ini didesain untuk mengurangi penggunaan tenaga listrik. Umumnya, mode ini akan mencuci dengan suhu yang lebih rendah. Sehingga mengurangi pemakaian listrik hingga 50% dari pencucian biasa.

Pilihan mode ini juga memiliki waktu mencuci yang lebih pendek, sehingga waktu penggunaan mesin cuci juga lebih pendek dan berarti hemat listrik. Mode ini memaksimalkan siklus cuci dan mengurangi lama waktu berhenti sebelum berputar lagi.

Dengan menggunakan jumlah air sesuai dengan banyak cucian dan mengurangi jumlah bilasan, mode Eco juga menggunakan lebih sedikit air.

Terakhir, beberapa mode eco dilengkapi teknologi sensor untuk mengetahui banyak cucian dan menyesuaikan siklus pencucian. Sehingga mesin hanya akan menggunakan jumlah listrik dan air yang dibutuhkan.

Baca lebih lanjut tentang cara menggunakan mesin cuci 1 tabung untuk mengetahui mode pencucian yang tepat dan efektif.

Pilih Mode Eco

Gunakan Putaran Tercepat

Putaran tercepat dapat mengurangi air lebih banyak dari pakaian, sehingga lebih cepat kering, dan akhirnya menghemat energi. Sudah banyak mesin cuci dengan pengaturan putaran yang bisa dipilih, Anda juga bisa mengatur ini secara manual sesuai dengan pakaian yang dicuci. Akan tetapi, perlu kehati-hatian karena putaran cepat justru dapat merusak kain, terutama pada pakaian dengan bahan lembut.

>>> Lihat di sini untuk cara mencuci pakaian olahraga

Pilih Pencucian cepat

Mode ini dibuat untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pencucian. Memang tidak se hemat mode eco. Tapi mode ini bisa membantu Anda menghemat biaya listrik.

Pencucian cepat berarti waktu cuci lebih pendek dari biasanya. Yang berarti mesin menyala lebih pendek dan mengurangi listrik yang digunakan. Dan mesin cuci dengan putaran cepat dapat mengurangi waktu pengeringan.

Pilih mesin cuci yang efisien

Mesin cuci yang hemat energi di desain untuk menggunakan lebih sedikit air dan listrik dibandingkan model lama yang sejenis. Bisa dilihat dari peringkat hemat energi seperti pada produk mesin cuci front loading and mesin cuci top loading dari Electrolux. Yang berarti produk ini telah memenuhi aturan efisiensi listrik dari tiap negara.

Memang harga mesin cuci ini lebih mahal, tapi mesin cuci yang efisien ini dapat membantu menghemat biaya listrik ke depannya.

Menjemur pakaian

Menjemur adalah cara paling hemat listrik untuk mengeringkan pakaian. Gantung pakaian untuk dijemur di tiang jemuran untuk menghemat listrik. Menjemur juga dapat menjaga kualitas pakaian, karena mesin pengering bisa merusak kain. Karena itu, sebelum menggunakan pengering, periksa kembali pengaturan panas yang tepat untuk jenis kain pakaian.

>>> Baca juga: Cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

Menjemur pakaian

Tidak Mencuci terlalu sering

Tidak semua pakaian harus dicuci segera setelah dipakai. Beberapa pakaian sepeti jeans atau jaket bisa dipakai beberapa kali sebelum dicuci. Dengan mencuci lebih jarang, Anda bisa mengurangi jumlah pakaian yang akan dicuci dan menghemat listrik.

Pisahkan pakaian bersih untuk menghindari mencuci yang tidak pentung. Dan selalu pisahkan pakaian berdasarkan warna dan jenis kain untuk memaksimalkan pencucian dan menghindari harus mencuci ulang.

Hemat Listrik dengan Mesin Cuci Electrolux

Bagi Electrolux, keberlangsungan dan hemat energi adalah nilai utama kami. Karena itu, ketika Anda membeli produk mesin cuci Electrolux, Anda bisa tenang karena tahu bisa lebih hemat listrik.

Mesin cuci Electrolux bukan hanya memiliki peringkat hemat energi yang baik, tapi dengan teknologi motor EcoInverter mengurangi getaran dan penggunaan listrik, Anda bisa 50% lebih hemat listrik dibanding mesin cuci lama.

Baca juga artikel tentang tips memilih mesin cuci untuk tahu cara memilih yang tepat dan melihat beberapa mesin cuci terbaik kami di sini::

Baru
  • Tidak ada lagi residu deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Motor EcoInverter menggunakan 50% lebih sedikit energi*.
  • UltraEco menggunakan 70% lebih sedikit energi*.
  • Atur siklus cepat agar sesuai dengan jadwal Anda.
  • Tambahkan pakaian hingga 15 menit setelah siklus dimulai.
  • StainCare menghilangkan 40 noda berbeda yang terlihat*.
  • UltraMix mencegah residu deterjen yang terlihat*.
  • PowerJet memastikan pencucian dan pembersihan yang sempurna.
Baru
  • Logika fuzzy menyesuaikan pengaturan untuk hasil yang luar biasa.
  • Siklus cepat untuk muatan cucian yang sedikit.
  • Tutup tahan lama yang menutup tanpa suara dan aman.

Tanya Jawab tentang cara menghemat daya listrik mesin cuci

  • 1. Bagaimana cara menghemat daya listrik mesin cuci?

    Berikut adalah 9 tips jitu menghemat uang ketika mencuci:

    • Mencuci dengan kapasitas penuh
    • Gunakan jumlah air yang tepat
    • Gunakan air dingin
    • Pilih Mode Eco
    • Gunakan Putaran Tinggi
    • Pilih Pencucian Cepat
    • Beli mesin cuci yang efisien
    • Jemur pakaian
    • Tidak mencuci terlalu sering
  • 2. Mesin Cuci berapa watt yang digunakan?

    Umumnya mesin cuci menggunakan 500 hingga 2500 watt sekali mencuci, dengan rata-rata penggunaan di 1000 watt. Model yang lebih baru dan hemat listrik bisa hanya menggunakan 150-500 watt untuk sekali pencucian.

  • 3. Kapan waktu yang tepat untuk hemat listrik saat mencuc?

    Banyak orang percaya mencuci di malam hari bisa lebih hemat listrik. Tapi karena harga per KWh tetap, biaya yang dikeluarkan juga sama jika mencuci di siang hari.

Beli
    (0804) 111 9999