Agar Bebas Bakteri, Ini Cara Simpan Daging Ayam dalam Kulkas

10.jpg

Menaruh daging di kulkas dilakukan sebagian besar orang untuk mencegahnya dari pembusukan. Namun, tahukah Anda cara penyimpanan yang kurang sesuai malah akan memicu pertumbuhan bakteri dalam daging? Terutama pada daging unggas seperti ayam yang cenderung mudah rusak.

Temperatur maksimal untuk menyimpan daging ayam di kulkas adalah 5oC. Untuk mengoptimalkannya, pilihlah lemari pendingin terbaik seperti Kulkas Electrolux ETB5400B-A. CHILLROOM atau freezer yang ada di kulkas ini mampu menjaga temperatur daging secara optimal dan tetap dalam kondisi prima untuk jangka waktu lebih lama.

Rak-rak dan slot yang tersedia di Kulkas Electrolux ETB5400B-A bisa Anda maksimalkan untuk menaruh daging ayam tanpa terkena serangan bakteri dengan rangkaian tips di bawah ini!

  • Menyimpan daging ayam utuh

Tata cara menaruh daging ayam utuh dengan potongan ternyata berbeda, lho! Anda harus mengeluarkan dulu jeroan dari ayam. Hal tersebut disebabkan jeroan termasuk sumber bakteri yang mempercepat proses pembusukan daging. Bagian berlemak pada ayam juga sebaiknya dibuang sampai benar-benar tidak tersisa. Kemudian, keringkan menggunakan tisu dapur sampai tak berair, lalu bungkus memakai plastic wrap sebelum dimasukkan ke freezer. Jika Anda ingin lebih ramah lingkungan, plastic wrap bisa diganti dengan Bee's Wrap, pembungkus ramah lingkungan yang terbuat dari lilin lebah, kain dan getah pohon, atau bisa juga dengan menggunakan Silicon Wrap, pembungkus makanan berbahan silikon.

  • Menyimpan daging ayam potong

Penyimpanan daging ayam potong lebih mudah dibandingkan ayam utuh. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkannya sesuai ukuran. Misalnya, potongan dada dengan paha, lalu ceker dengan kepala ayam. Penempatan tersebut akan mengurangi kemungkinan penyebaran bakteri pada daging ayam.

Apabila Anda ingin mengolah paha ayam untuk gorengan dan dada ayam untuk kare, simpan secara terpisah. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda saat hendak mengambilnya. Simpan potongan yang hendak dimasak di freezer, lalu taruh sisanya di bagian lain.

  • Menyimpan daging ayam yang dibumbui

Begitu daging ayam selesai dibumbui, masukkan ke wadah tertutup. Perlu Anda ketahui kalau daging ayam yang telah dibumbui tak bisa Anda simpan lama-lama. Sebaiknya taruh juga di chiller alih-alih di freezer. Mengapa demikian? Daging ayam yang sudah dibumbui malah akan membeku kalau disimpan di freezer. Alhasil Anda harus menunggunya cair dulu sebelum dimasak dan tak jarang bumbunya akan ikut luber bersama air. Jadi tak enak lagi saat nanti diolah.

Demikian tip menyimpan daging ayam bebas bakteri di kulas. Selamat memasak!



Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999