Ini Temperatur Kulkas yang Tepat untuk Menyimpan Makanan

24.jpg


Makanan yang disimpan didalam kulkas sering cepat rusak dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi? Jika jawaban adalah ya, maka besar kemungkinan ada yang salah dengan temperatur lemari pendingin yang Anda miliki di rumah.

 

Berdasarkan petunjuk dari badan pengawas obat dan makanan Amerika, suhu kulkas disarankan berada di atau bawah 4 derajat Celsius. Sementara  untuk suhu freezer disarankan berada di -18 derajat Celsius. Memang, tidak semua kulkas dilengkapi dengan termometer sehingga menentukan suhu yang tepat bisa jadi membingungkan. Tapi kabar baiknya, harga termometer untuk kulkas ini cukup murah dan bisa beli di sebagian besar toko peralatan dapur.

 

Memiliki lemari es pada suhu yang tepat adalah kunci untuk memastikan bahwa hasil dan sisa makanan bisa bertahan lama. Tidak hanya itu, menyimpan makanan pada suhu yang tepat adalah salah satu cara termudah untuk mencegah penyakit yang bisa dibawa oleh bahan makanan yang tersimpan di kulkas, seperti dari mengonsumsi telur, dan susu yang sudah basi atau kadaluarsa.

Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan di lemari es dengan tepat?

 

Rutinlah memeriksa termometer untuk memastikan makanan aman. Untuk berjaga-jaga agar suhunya tetap terjaga, gunakan cara berikut:

 

  • Pastikan pintu kulkas selalu tertutup. Hanya buka pintu kulkas saat Anda perlu mengambil atau meletakkan bahan makanan.
  • Jangan menumpuk makanan. Makanan yang tidak menumpuk akan membuat udara dapat mengalir dengan baik melalui lemari es dan freezer. Kulkas yang diisi bertumpuk apalagi penuh akan cenderung lebih hangat dibandingkan kulkas yang isinya diatur menyebar dan tidak diisi terlalu banyak.
  • Rutin bersihkan koil kulkas. Seperti peralatan lain, kulkas kalian juga membutuhkan perawatan dan salah satu bagian yang harus rutin dirawat adalah koil kulkas. Pastikan tidak debu atau kotoran yang menempel pada bagian ini karena jika kotor bisa menyebabkan penurunan atau pengurangan kapasitas pendinginan pada kulkas secara keseluruhan.

 

Agar bahan makanan tetap terjaga kesegarannya, selain harus selalu rutin mengecek termometer, pastikan juga kulkas yang Anda memiliki fitur penjaga kelembapan seperti yang ada di kulkas Electrolux NutriFresh™ Inverter ETB5400B-A. Fitur penjaga kelembapan ini akan menjaga kelembapan di dalam kulkas tetap stabil sehingga membuat bahan makanan yang kita simpan lebih tahan lama dan segar sehingga kita bisa selalu mengonsumsi makanan lezat dari bahan makanan yang masih segar.

 

Kulkas ini juga memiliki fitur 360 Cooling yang akan memutar udara di seluruh lemari es agar suhu konstan. Setiap rak didinginkan secara terpisah, dan makanan terjaga dengan baik di manapun Anda menyimpannya.

 

 

Beli

    Beli Di Toko

    0804 111 9999