8 tips cara menyimpan daging sapi di kulkas dan freezer

8 tips for how to store beef in the fridge and freezer

Daging, dan khususnya daging sapi, adalah salah satu bahan makanan yang paling dicintai di seluruh dunia. Orang makan miliaran kilogram daging setiap tahun, tetapi statistik yang serius menunjukkan bahwa sekitar 20% dari semua daging yang dihasilkan tidak pernah dimakan.

Pada artikel ini, kami akan memberi tahu Anda cara menyimpan daging sapi di kulkas dengan benar sehingga Anda dapat menikmatinya lebih lama, mengurangi sisa makanan, dan hidup lebih berkelanjutan.

1. Jangan mencuci daging sapi terlebih dahulu


Banyak orang memiliki kebiasaan mengeluarkan daging dari kemasan dan mencucinya dengan air begitu mereka tiba di rumah dengan belanjaan mereka. Jadi, dagingnya perlu dicuci dulu atau tidak?


Kebanyakan ahli menyarankan agar Anda tidak melakukannya. Bakteri apa pun yang menurut Anda dapat dihilangkan dengan melakukan ini mungkin tidak akan terpengaruh oleh pencucian. Mereka hanya akan dibunuh jika dagingnya dimasak dengan benar.


Faktanya, tergantung pada kualitas air keran Anda, mencuci daging sapi dapat memasukkan bakteri baru ke dalamnya yang kemudian dapat mempengaruhi rasa dan masa penyimpanan daging Anda.


Jika Anda berencana untuk membekukan daging sapi, hindari mencucinya. Jika dagingnya basah, mungkin lebih mudah terkena freezer burn.

2. Potong daging sapi menjadi beberapa bagian sebelum disimpan


Hal yang paling berbahaya dalam penyimpanan daging sapi dan daging lainnya adalah memaparkannya pada perubahan suhu. Sering berpindah dari dingin ke hangat dan kembali lagi dapat membantu bakteri pada daging tumbuh. Itulah mengapa sebaiknya jangan terus mengeluarkan daging dari lemari es sampai Anda benar-benar memasaknya.

Potong daging sapi menjadi beberapa bagian sebelum menyimpannya

Potong daging sapi menjadi beberapa bagian sebelum menyimpannya

Jika Anda memotong daging menjadi beberapa bagian sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, Anda dapat mengambil jumlah berapa pun yang Anda butuhkan tanpa mempengaruhi sisanya. Anda dapat memasak makanan yang lebih kecil hanya untuk diri sendiri atau bagian dari keluarga sambil menjaga daging lainnya tetap segar dan lezat saat Anda membutuhkannya.

3. Masukkan daging sapi ke dalam kulkas dengan cepat


Jika Anda pernah mendengar istilah "cold chain", Anda tahu apa yang sedang kita bicarakan. Dalam proses penyimpanan yang profesional dan pengangkutan bahan makanan seperti daging, produk disimpan secara konsisten dingin untuk mencegah pembusukan. Saat Anda mengambil daging sapi dari supermarket, Anda harus mengikuti aturan yang sama.

Jangan biarkan daging segar dan mentah tergeletak di meja dapur Anda dan jangan tinggalkan di dalam mobil yang panas saat Anda menjalankan tugas. Para ahli menyarankan agar Anda tidak membiarkan lebih dari 1 atau 2 jam berlalu antara mengeluarkan daging dari kulkas supermarket dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda sendiri.

>>> Artikel terkait: Berapa suhu yang tepat untuk menyimpan makanan di kulkas

4. Bungkus daging sapi Anda dengan benar


Ketika berbicara tentang cara menyimpan daging di kulkas, kemasannya sangat penting.

Jika Anda membeli daging yang dikemas vakum, biarkan dalam kemasannya sampai Anda ingin menggunakannya. Pengemasan vakum dapat memperpanjang umur penyimpanan daging secara signifikan, jadi tidak ada alasan untuk membukanya.

Untuk daging yang tidak dikemas secara vakum, aturannya sedikit berbeda. Saat menyimpan daging sapi di lemari es di luar kemasannya, Anda harus meletakkannya di atas piring dan menutupinya dengan bungkus plastik. Harus ada aliran udara di sekitar daging untuk mencegah daging sapi “berkeringat”.

Jika Anda akan membekukan daging sapi, bungkus dengan rapat dalam bungkus plastik, berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak udara yang menempel di daging. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari freezer burn, yang tidak merusak daging, tetapi dapat mengubah rasanya secara drastis.

5. Lacak tanggal pakai daging sapi Anda


Ini sangat relevan saat Anda membekukan daging sapi, tetapi juga merupakan cara yang baik saat Anda menyimpannya di lemari es. Tulislah langsung pada plastik pembungkus atau gunakan catatan tempel untuk menandai daging dengan tanggal pembeliannya dan/atau tanggal makannya.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu bertanya-tanya tentang potongan daging yang Anda temukan di freezer beberapa bulan kemudian, mengintip melalui plastik untuk melihat apakah masih terlihat segar. Anda akan tahu persis berapa umurnya dan mendapatkan ide bagus apakah itu masih bagus. Ini juga menjadi tip berguna saat menyimpan sayuran di kulkas.

6. Jangan memasukkan daging sapi kembali setelah Anda mengeluarkannya


Ini adalah aturan lain yang sangat penting untuk daging beku, tetapi seperti yang kami sebutkan sebelumnya, perubahan suhu yang sering dapat membantu pertumbuhan bakteri. Jadi, ada baiknya untuk mematuhi aturan ini untuk daging yang didinginkan yang juga dihangatkan hingga suhu kamar.

Mencairkan daging dan kemudian membekukannya kembali dapat membuatnya menjadi sarang bakteri dan merupakan cara yang pasti untuk merusak kualitasnya. Jadi, pastikan untuk hanya mengeluarkan daging dari freezer atau lemari es jika Anda akan memasaknya.

7. Jaga kulkas Anda tetap bersih dan teratur


Kebersihan sangat penting untuk menjaga kesegaran makanan, baik itu daging, sayuran atau bahan makanan lainnya. Kulkas yang kotor memberikan kondisi yang ideal bagi kuman untuk tumbuh dan mencemari makanan Anda. Kontaminasi juga dapat terjadi ketika daging matang dan daging mentah disimpan berdekatan.

Pastikan untuk membersihkan kulkas Anda setiap 3 atau 4 bulan dan pembersihan ringan setiap minggu. Temukan tips bermanfaat kami tentang cara membersihkan kulkas Anda dengan benar di sini.


Kami menyarankan Anda menyimpan daging segar dan mentah di rak paling bawah lemari es, yang biasanya menawarkan suhu ideal. Pastikan untuk menyimpan daging matang Anda dan makanan hangat apa pun yang Anda masukkan ke dalam lemari es agar dingin jauh dari daging sapi mentah.

8. Berapa lama daging sapi bisa disimpan di kulkas?


Potongan daging sapi yang berbeda dapat disimpan di kulkas untuk waktu yang berbeda, tergantung pada berbagai faktor, seperti metode persiapan. Misalnya, daging giling dapat bertahan dalam freezer hingga 3 bulan dengan suhu yang stabil pada atau kurang dari -18°C.

Simpan daging sapi di kulkas Electrolux agar lebih awet

Dengan teknologi TasteSeal, daging sapi Anda bahkan dapat disimpan segar di kulkas Electrolux hingga 7 hari

 

Perhatikan bahwa ini hanyalah referensi dan daging sapi dapat tetap dapat dimakan selama 3-5 hari dalam banyak kasus.

Jenis potongan daging sapi

Bisa tahan berapa lama di kulkas

Daging cincang, steak tipis, potongan daging sapi potong dadu

Hingga 2 hari

Steak dan daging panggang bertulang

2-3 hari

Panggang (tulang dalam)

3-4 hari

Daging kornet segar

1 minggu

Daging sapi kemasan vakum

Hingga 6 minggu (jika belum dibuka)


Di dalam freezer, daging sapi dapat disimpan segar untuk waktu yang lebih lama. Perhatikan bahwa suhu freezer harus pada atau di bawah -18°C.

Jenis potongan daging sapi

Tahan berapa lama di freezer

Steak dan daging panggang

Hingga 6 bulan

Steak daging sapi yang lebih tipis

Hingga 4 bulan

Daging cincang atau daging sapi giling

Hingga 3 bulan


Jika Anda mencari kulkas baru, lihat beberapa produk terlaris kami di bawah ini. Dengan teknologi TasteSeal, daging sapi Anda bahkan dapat tetap segar di lemari es Electrolux hingga 7 hari.

Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLock menjaga sayuran tetap segar dan enak.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLock menjaga sayuran tetap segar dan enak.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.

Tip tambahan tentang cara mencairkan daging sapi beku dengan benar


Ada tiga metode berbeda untuk mencairkan daging beku Anda, tergantung pada seberapa cepat Anda membutuhkannya: di kulkas, di air dingin, atau di microwave. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh membiarkan daging sapi beku mencair pada suhu kamar, karena dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

Mencairkan di kulkas


Kebanyakan ahli menyarankan Anda mencairkan daging sapi beku Anda di kulkas. Ini menjaga kualitas daging Anda tetap tinggi dan juga memungkinkan Anda untuk menyimpan daging sapi selama beberapa hari di kulkas setelah pencairan.


Namun, dibutuhkan perencanaan yang matang, karena proses pencairannya lambat. Untuk sepotong daging sapi seberat setengah kilogram, biarkan mencair hingga satu hari penuh.

Mencairkan dalam air dingin


Mencairkan dalam air dingin lebih cepat daripada mencairkan di kulkas, tetapi Anda harus lebih berhati-hati. Daging sapi harus ditempatkan dalam kantong atau bungkusan tertutup dan direndam dalam air dingin. Pastikan kantong tertutup, karena meninggalkan daging di dalam air akan mempengaruhi rasa dan dapat menyebabkan kontaminasi. Ganti air setiap setengah jam. Sepotong setengah kilogram daging sapi dapat dicairkan dalam waktu sekitar satu jam menggunakan metode ini.

Mencairkan di microwave oven


Menggunakan microwave Anda untuk mencairkan daging sapi Anda adalah metode tercepat. Namun, pastikan untuk menggunakan metode pencairan bunga es yang benar yang ditunjukkan dalam panduan pengguna oven microwave Anda. Berikut adalah posting tentang cara mencairkan makanan beku dengan aman di microwave untuk referensi Anda.

cara mencairkan makanan beku dengan aman di microwave

Microwave oven Electrolux mencairkan makanan beku dengan aman sambil menjaga tekstur dan rasanya tidak berubah

Anda juga harus memasak daging sapi segera setelah selesai mencairkan, karena perubahan suhu dapat menyebabkan kontaminasi.

Simpan daging di kulkas dengan benar = Nikmati makanan yang aman & kurangi sisa makanan


Dengan mengetahui cara menyimpan daging sapi di kulkas agar awet dan melacak kapan Anda harus memasaknya, Anda dapat mengurangi dampak terhadap lingkungan dan membuat Anda dan keluarga tetap bahagia dan sehat. Dengan kulkas Electrolux dengan teknologi TasteSeal, Anda mendapatkan lebih banyak fleksibilitas untuk hidangan keluarga yang lezat.


cara menyimpan daging di kulkas Electrolux

Teknologi TasteSeal Electrolux menjaga daging Anda tetap segar di kulkas hingga 7 hari

Tonton video di bawah ini tentang bagaimana pengalaman konsumen kami menjalani #7daysfressnesschallenge dengan kulkas Electrolux kami:

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999