Cara menyimpan sayuran dan buah-buahan di kulkas

Cara menyimpan sayuran dan buah-buahan di kulkas

Mengetahui cara menyimpan sayuran di kulkas tidak hanya melindungi dompet Anda, tetapi juga membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih berkelanjutan dan menghindari sisa makanan.

Electrolux Indonesia hadir untuk memberi Anda beberapa tips berguna tentang cara menyimpan sayuran dan buah segar di kulkas agar awer. Apakah Anda sedang mencari tips untuk menyimpan sayuran di lemari es dengan atau tanpa wadah, artikel ini telah membantu Anda!


10 tips menyimpan sayuran dan buah-buahan di kulkas


1. Hindari pencucian sebelumnya


Jika Anda akan menyimpan sayuran atau buah di kulkas, simpan cucian sebelum Anda menggunakannya. Pasalnya, kelembapan tambahan dari pencucian dapat membuat produk lebih cepat membusuk.

Jika Anda benar-benar harus mencuci sayuran atau buah terlebih dahulu, biarkan mengering dengan baik sebelum memasukkannya ke dalam kulkas.


2. Simpan seluruh sayuran dan buah-buahan


Jangan memotong produk sebelum memasukkannya ke dalam lemari es, karena sayuran dan buah yang dipotong akan lebih cepat busuk. Buang hanya akar dan batangnya, tetapi simpan sisa potongannya saat Anda memasak.

Jangan memotong produk sebelum memasukkannya ke dalam kulkas


Jangan memotong produk sebelum memasukkannya ke dalam kulkas


Jika Anda berencana untuk menggunakan sayuran dalam waktu dekat, Anda dapat memotongnya terlebih dahulu dan menyimpannya dalam wadah di dalam rak kulkas Anda. Namun, Anda harus menyadari bahwa mereka tidak akan bertahan lama.


3. Jangan menyimpan semuanya di tempat yang sama


Masukkan sayuran berdaun dan rempah-rempah ke dalam rak dan pisahkan buah dan sayuran lainnya di rak yang berbeda.


Misalnya, Anda mungkin ingin menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi secara terpisah dari sayuran dengan kadar air lebih rendah. Ingatlah bahwa menyimpan berbagai jenis produk secara berdekatan dapat membuatnya membusuk atau layu lebih cepat.

4. Gunakan kertas sebagai pengganti plastik


Wadah atau kantong plastik tertutup menangkap kelembapan dan dapat membuat sayuran dan buah-buahan Anda membusuk. Idealnya, Anda hanya boleh menggunakan wadah dengan sayuran yang keras atau bertangkai. Baik menggunakan kemasan kertas berlubang atau jaring plastik agar produk Anda tetap segar dan lezat.


Jika Anda menyimpan jamur, kantong kertas juga merupakan pilihan terbaik Anda, karena mereka menyerap kelembapannya.


5. Lacak produk Anda


Untuk memastikan bahwa Anda tidak menyimpan buah dan sayuran terlalu lama atau melupakannya, kami menyarankan Anda memberi label pada kemasan dengan tanggal "gunakan sebelum" berdasarkan pengalaman Anda tentang berapa lama disimpan di kulkas Anda. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan apa yang harus dimasak dan kapan.

6. Atur suhu yang benar di kulkas Anda


Agar buah dan sayuran Anda tetap segar selama mungkin, sangat penting untuk mengatur suhu yang benar di kulkas Anda.


Sayuran dan buah-buahan paling baik disimpan pada suhu 1 - 4 derajat Celcius. Jika Anda mengaturnya terlalu rendah, produk dengan kadar air yang tinggi akan cepat membeku, dan jika Anda mengaturnya terlalu rendah, Anda memberikan kebebasan bakteri untuk merusak produk Anda.


Kulkas Electrolux
dikenal dengan pengaturan suhu yang beragam dan fitur EvenTemp. Tidak hanya menawarkan solusi pendinginan lengkap untuk makanan yang berbeda, fitur ini juga membantu menjaga makanan Anda tetap enak lebih lama dengan meminimalkan fluktuasi suhu.


Berikut beberapa kulkas Electrolux terlaris dengan fitur EvenTemp untuk referensi Anda:

Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Promo
  • Ruang penyimpanan untuk semua jenis makanan dan minuman.
  • TasteLockPlus membuat sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.


Lemari es Electrolux UltimateTaste 900 menawarkan penyimpanan ideal dengan 5 pengaturan suhu


7. Pertahankan kelembapan yang stabil di kulkas Anda


Untuk memastikan buah dan sayuran Anda tetap segar untuk waktu yang lama, sangat penting untuk menyimpannya pada tingkat kelembapan yang stabil dan tidak terlalu tinggi.


Beberapa kulkas dilengkapi dengan fitur yang membantu Anda mempertahankan tingkat tersebut. Di kulkas Electrolux, cari fitur TasteLockAuto, dengan membran yang secara otomatis melepaskan kelembapan berlebih untuk mengurangi pengembunan dan mencegah produk Anda rusak lebih awal.

TasteLockAuto feature helps maintain steady humidity in your refrigerator


Fitur TasteLockAuto membantu menjaga kelembapan yang stabil di kulkas Anda


Lihat jajaran kulkas kami dengan fitur TasteLockAuto:

Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Promo
  • TasteSeal menyimpan ikan selama 7 hari * tanpa pembekuan.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari *.
  • EvenTemp mengurangi fluktuasi suhu.
Baru
Promo
  • Penyimpanan ideal TasteSealFlex dengan 5 pengaturan suhu.
  • TasteLockAuto menjaga sayuran tetap segar selama 7 hari*.
  • Pendinginan TwinTech membantu menjaga rasa dan tekstur.

Tonton video di bawah ini tentang bagaimana konsumen Indonesia mengikuti tantangan #7daysfressnesschallenge dengan kulkas Electrolux kami:

 

8. Periksa produk Anda secara teratur


Jika Anda menyimpan buah dan sayuran selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, pastikan untuk memeriksanya secara teratur untuk mendeteksi tanda-tanda pembusukan sesegera mungkin.

 

Beberapa buah atau sayuran dapat membusuk lebih cepat daripada yang lain dalam kelompok yang sama, jadi pastikan untuk segera membuangnya. Jika tidak, mereka akan membuat sisa produk Anda rusak lebih cepat juga.


>>> Baca lebih banyak: Cara menghilangkan bau kulkas

 

9. Simpan sayuran kering dengan wadah


Jika Anda menyimpan sayuran padat seperti wortel, brokoli, seledri, atau kubis, pertimbangkan untuk memasukkan sayuran kering ke dalam wadah dan taruh wadah itu di rak kulkas Anda. Dengan cara ini, mereka akan tetap segar dan renyah tanpa terkontaminasi oleh sayuran lain yang dapat membusuk lebih cepat.

Simpan sayuran di kulkas dengan wadah


Simpan sayuran di kulkas dengan wadah

10. Jaga kebersihan kulkas Anda


Kebersihan sangat penting untuk menyimpan buah dan sayuran. Produk yang mulai membusuk akan sangat cepat mempengaruhi sayuran dan buah-buahan lain di sekitarnya.


Bahkan potongan kecil dapat memiliki efek layu, jadi pastikan Anda membersihkan rak atau kulkas setelah mengeluarkan produk busuk. Tidak hanya akan membantu Anda menjaga makanan Anda tetap segar, itu juga akan mencegah bau tak sedap berkembang di kulkas Anda. Ikuti petunjuk langkah demi langkah cara membersihkan kulkas yang benar di sini.

 

Buah dan sayuran yang tidak perlu disimpan di kulkas

 

Ada beberapa buah dan sayuran yang tidak boleh disimpan di kulkas. Yang paling menonjol di  adalah tomat, yang dengan cepat kehilangan rasa dan teksturnya saat disimpan di kulkas.


Hal yang sama berlaku untuk kentang, yang harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk (tetapi tidak dingin). Alpukat, bawang, persik, dan pisang juga terasa lebih baik ditaruh di meja dapur Anda daripada di kulkas Anda.

Jenis sayuran dan buah-buahan Kondisi penyimpanan yang ideal
Tomat Biarkan pada suhu kamar sampai benar-benar matang. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di kulkas hingga siap digunakan. Pastikan untuk membiarkannya mencapai suhu kamar sebelum disajikan.
Kentang Tempat gelap dan sejuk (tapi tidak dingin)
Alpukat, bawang, persik, dan pisang Suhu kamar


Kentang harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk


Kentang harus disimpan di tempat yang gelap dan sejuk

 

>>> Postingan terkait: Berapa suhu yang tepat untuk menyimpan makanan di kulkas

Berapa lama Anda bisa menyimpan buah dan sayuran di kulkas Anda?


Irisan buah akan bertahan selama sekitar 5 hari setelah Anda memasukkannya ke dalam kulkas, asalkan Anda mengikuti tips yang kami sebutkan di atas. Perhatikan bahwa beberapa buah seperti apel mungkin mengalami sedikit perubahan warna, tetapi masih dapat dimakan.


Namun, untuk sebagian besar buah dan sayuran, kami menyarankan Anda untuk tidak mengirisnya terlebih dahulu, karena kulitnya memberikan perlindungan alami terhadap pembusukan, membuatnya tetap segar selama berminggu-minggu.


Sementara pengelompokan dan kualitas buah dan sayuran yang berbeda terkadang dapat disimpan lebih lama atau lebih pendek, berikut adalah beberapa rekomendasi rata-rata untuk berapa lama Anda dapat menyimpan buah dan sayuran di kulkas, asalkan disimpan dengan benar.

Jenis sayuran Bisa tahan berapa lama di kulkas
Kacang hijau Hingga 5 hari
Brokoli Hingga 5 hari
Kubis 1 minggu
Wortel Hingga 4 minggu
Kol bunga 1 minggu
Seledri Hingga 2 minggu
Jagung Hingga 2 hari
Mentimun 1 minggu
Bawang hijau Hingga 10 hari
Selada 1 minggu
Jamur Hingga 7 hari
Paprika Hingga 2 minggu
Bayam Hingga 5 hari

 

Jenis buah-buahan Bisa tahan berapa lama di kulkas
Apel 3 - 4 minggu
Bluberi 1 - 2 minggu
Anggur 5 - 7 hari
Nanas 3 - 5 hari
Semangka 2 minggu
Mangga 5 - 7 hari


>>> Baca lebih banyak: 5 makanan & minuman penghilang stress terbaik

Hidup berkelanjutan dimulai dari mengetahui cara menyimpan sayuran di kulkas


Perhatikan bahwa ini hanya perkiraan dan waktu penyimpanan dapat bervariasi tergantung pada kulkas Anda serta sayuran atau buah-buahan yang Anda beli. Ingatlah untuk berpikir untuk mengurangi limbah dan meningkatkan keberlanjutan saat berbelanja bahan makanan sehingga Anda tidak membeli lebih banyak produk daripada yang dapat Anda dan keluarga konsumsi.

Sekitar 1.3 miliar tons makanan terbuang di seluruh dunia setiap tahun, jadi menyimpan produk Anda dengan benar dan memakannya sebelum rusak adalah cara yang fantastis untuk mengurangi dampak Anda terhadap lingkungan. Mengetahui cara menyimpan sayuran di kulkas adalah bagian penting dari kehidupan berkelanjutan, dan itu akan membantu keluarga Anda tetap bugar dan sehat sambil tetap memperhatikan lingkungan Anda.

Untuk mendukung gaya hidup sehat Anda, kulkas Electrolux menawarkan teknologi terdepan seperti TasteLockAuto dan TwinTech Cooling yang membantu Anda mengontrol suhu dan tingkat kelembapan di kulkas sehingga Anda dapat menikmati buah dan sayuran segar kapan pun Anda mau.

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999