Panduan lengkap cara membersihkan mesin cuci 1 tabung

 

How to clean a single tube washing machine

Anda mengalirkan air dan deterjen di mesin cuci Anda secara teratur. Apakah itu berarti bersih? Belum tentu.

Seperti peralatan rumah tangga lainnya, mesin cuci Anda perlu dibersihkan secara menyeluruh agar dapat bekerja maksimal lebih lama. Jika tidak, jamur dan lumut dapat tumbuh di celah-celahnya yang lembab, menyebabkan mesin dan cucian Anda berbau.

Sebagai aturan praktis, bersihkan secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali tergantung pada kebiasaan mencuci Anda. Baik untuk mesin cuci bukaan depan atau bukaan atas, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan mesin cuci 1 tabung dari Electrolux Indonesia:

Persiapan sebelum membersihkan mesin cuci Anda


Prosesnya, rata-rata, akan memakan waktu sekitar tiga jam, tetapi sebagian besar hanya menunggu siklus selesai. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

  • Kain serat mikro
  • Air sabun hangat
  • Kuas kecil
  • Botol semprotan
  • Pembersih mesin cuci. Ini adalah pilihan terbaik Anda karena diformulasikan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu tanpa menyebabkan kerusakan pada peralatan Anda.

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan


Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

1. Tabung


Pastikan tidak ada pakaian yang tertinggal di dalam sebelum Anda mulai. Ikuti petunjuk pembersih mesin cuci yang Anda miliki. Mereka mungkin berbentuk tablet, bubuk, atau cairan yang harus Anda masukkan langsung ke dalam tabung atau dispenser deterjen Anda.

Anda kemudian dapat menjalankan mesin cuci bukaan depan pada siklus normal dengan air panas. Beberapa mesin cuci Electrolux juga memiliki program pembersihan khusus seperti Tub Clean atau Clean Washer. Saat siklus berakhir, bersihkan tabung sehingga tidak ada residu yang tersisa.

How to clean Electrolux front load washing machine

Cara membersihkan mesin cuci bukaan depan Electrolux

2. Pompa


Air mungkin terkumpul di saluran pembuangan dan filter Anda, berpotensi menyimpan kuman. Saat siklus selesai, cabut steker mesin Anda, lalu cari panel kecil di bagian depan bawahnya. Siapkan handuk atau nampan di bawahnya untuk menampung air. Buka panel dan buka dial secara perlahan untuk mengontrol air saat mengalir keluar.

3. Filter pompa


Buka tutupnya sepenuhnya, periksa filter dan saluran pembuangan, lalu singkirkan benda asing yang menyumbatnya seperti serat kain atau benda yang terlupakan dari saku. Jika dibiarkan, ini dapat menyebabkan getaran yang berlebihan dan waktu siklus yang lama. Bersihkan filter melalui air hangat dan gosok dengan sikat kecil.


How to clean Electrolux front load washing machine

Cara membersihkan filter mesin cuci

4. Karet pintu


Bagi pemilik mesin cuci front load, penting juga untuk mengetahui cara membersihkan karet mesin cuci bukaan depan dengan cara yang benar.

Residu sabun dan air dalam karet pintu dikombinasikan dengan lingkungan hangat di dalam mesin Anda, adalah tempat berkembang biak yang sempurna untuk jamur dan bau.

Meskipun pembersih mesin cuci seharusnya sudah membersihkannya, sebaiknya periksa lagi. Untuk pembersihan yang lebih menyeluruh, semprotkan air sabun panas pada paking, tarik perlahan lipatan agar benar-benar masuk, lalu lap dengan kain bersih. Sertakan juga bagian dalam pintu.


How to clean the rubber seal of front door on washing machine

Cara membersihkan segel karet pintu depan pada mesin cuci

5. Dispenser deterjen


Seiring berjalannya waktu, deterjen dapat menumpuk di celah-celah dispenser Anda, menyebabkan penyumbatan. Untuk membersihkannya, lepaskan laci secara perlahan. Satu baki panjang harus mudah dikeluarkan. Pisahkan semua sisipan yang dapat dilepas, dan rendam dalam air sabun hangat. Gosok semua residu untuk memastikannya bersih, lalu lap hingga kering. Sebelum mengembalikannya, gunakan sikat atau kain untuk memastikan rongga laci bebas dari residu bedak.

6. Eksterior


Akhiri dengan menyeka bagian luar mesin dan kontrol menggunakan kain lembab. Sekarang mesin Anda bersih luar dan dalam.

>>> Baca lebih banyak:


Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas


Untuk setiap langkah, fokuslah pada satu area.

1. Tabung


Cara membersihkan tabung mesin cuci dengan benar menjadi perhatian umum pengguna top loading.

Periksa apakah ada barang yang terlupakan tertinggal di dalam. Cukup ikuti instruksi dari pembersih mesin cuci. Kemungkinan besar, Anda harus memasukkannya langsung ke dalam tabung. Anda kemudian dapat mengatur mesin Anda ke siklus normal dengan air panas.

Berikut adalah instruksi khusus untuk pemilik mesin cuci bukaan atas Electrolux. Pada Mesin Cuci Top Load EliteCare 700, gunakan program Tub Clean khusus sebagai gantinya. Ini dengan cepat memutar drum untuk membentuk jet air bertekanan tinggi, secara efektif menghilangkan semua residu.

Anda mungkin melihat air menjadi kotor. Itu karena penumpukan kotoran di bawah drum bagian dalam. Biarkan mengalir dan bersihkan bak mandi untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa.

>>> Baca selengkapnya: 6 perbedaan antara mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung

2. Dispenser deterjen


Geser perlahan dari dispenser deterjen lalu rendam dalam air sabun hangat. Gosok perlahan sehingga tidak ada residu yang tersisa. Sikat juga bagian dalam kompartemen laci.

3. Pintu


Dengan menggunakan air sabun hangat, gosok di sekitar tepi dan bagian dalam pintu mesin. Jika mesin cuci bukaan atas Anda memiliki agitator, bersihkan juga bagian atasnya. Area ini akan memiliki lebih sedikit kotoran karena air biasanya menetes ke bawah. Bilas dengan air setelahnya.

4. Eksterior


Jangan lupakan bagian luar mesin Anda. Seka kontrol dan bagian lainnya menggunakan kain mikrofiber basah untuk menghilangkan debu, kotoran, dan tetesan produk cucian. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bahan kimia keras atau bahan abrasif apa pun untuk mempertahankan lapisannya.

Lihat video tutorial di bawah ini tentang cara membersihkan mesin cuci bukaan depan Electrolux Anda:


5. Mesin bersih = pakaian bersih


Sekarang Anda tahu cara membersihkan mesin cuci otomatis. Kuncinya adalah memilih mesin cuci dengan fitur self-cleaning seperti mesin cuci Electrolux top load EWT2H88M1SB 12.5kg dari seri UltimateCare 300 kami dengan fitur Tub Clean. Mesin cuci front load lainnya juga menambahkan lapisan kebersihan ekstra seperti mesin cuci Electrolux front load EWF1142Q7WB 11kg dari seri UltimateCare 700 dengan HygienicCare yang menghilangkan 99,9% kuman di pakaian.


Lihat di bawah rangkaian mesin cuci Electrolux kami dengan fitur Tub Clean atau HygienicCare untuk referensi Anda:

Promo
  • Membersihkan dengan lembut namun kuat dengan CyclonicCare
  • Gulungan lembut, bentuk pakaian terjaga dengan Prism Drum
  • Motor inverter tidak berisik, efisien, dan tahan lama.
  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Tidak ada lagi residu deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Motor EcoInverter menggunakan 50% lebih sedikit energi*.

Tips tambahan agar mesin cuci Anda tetap wangi lebih lama

 
Ikuti 5 tips mudah ini agar wangi segar lebih tahan lama pada pakaian kesayangan Anda:

  • Sebelum mencuci, periksa pakaian Anda dengan teliti sebelum memasukkannya ke dalam untuk mengeluarkan koin, tisu, atau kertas yang terlepas dari saku. Singkirkan kotoran berlebih dari pakaian yang sangat kotor.
  • Setelah siklus selesai, segera keluarkan pakaian.
  • Setelah dicuci, segera bersihkan karet pintu, dan biarkan pintu dan laci terbuka untuk mengeringkan bagian dalam dan mencegah jamur dan bau.
  • Sesekali gunakan bubuk pelunak air untuk memperlambat pembentukan kerak kapur.
  • Gunakan hanya deterjen dan pelembut dalam jumlah yang tepat untuk cucian Anda. Jika tidak, Anda berisiko merusak pakaian dan meninggalkan lebih banyak residu di dalam tabung. Sebagian besar mesin cuci Electrolux memiliki fitur Dosis Otomatis yang membantu Anda mengukur berdasarkan beban sehingga Anda melakukannya dengan benar setiap saat.


Semoga postingan dari Electrolux Indonesia ini dapat memberikan tips-tips bermanfaat untuk Anda tentang cara membersihkan mesin cuci Anda, baik itu front load maupun top load. Mengetahui cara menggunakan mesin cuci Anda dengan benar dan menjaganya selalu bersih & higienis adalah kunci untuk membuat mesin cuci Anda bertahan lebih lama dan juga membutuhkan lebih sedikit perbaikan. Kunjungi situs web kami untuk mendapatkan saran ahli lainnya untuk merawat peralatan rumah tangga Anda dengan lebih baik.

Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999