Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung -
Panduan langkah demi langkah



Seperti apa kebiasaan mencuci pakaian Anda? Cara Anda menggunakan mesin cuci akan memengaruhi pakaian, serta penggunaan air dan energi Anda. Itulah sebabnya setiap pemilik — baik yang baru pertama kali atau yang sudah lama — harus belajar atau mempelajari kembali cara menggunakan mesin cuci mereka dengan benar untuk memaksimalkan semua manfaatnya.


Tergantung pada jenis tabung, mesni cuci dibedakan menjadi mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Kedua jenis mesin cuci ini populer di rumah tangga Indonesia. Postingan dari Electrolux Indonesia ini memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan mesin cuci 1 tabung.

  1. Periksa label pakaian untuk petunjuk perawatan
  2. Sortir cucian Anda
  3. Pilih pengaturan yang tepat
  4. Tambahkan deterjen, pelembut, dan booster
  5. Isi mesin cuci Anda dengan pakaian dan nyalakan mesin cuci

Langkah 1: Periksa label pakaian untuk instruksi perawatan


Meskipun sebagian besar pakaian dapat dicuci dengan mesin, selalu aman untuk memeriksa label perawatan terutama untuk wol dan bahan halus. Beberapa perlu dicuci dengan tangan atau dicuci kering, dan beberapa tidak tahan air panas atau pemutih. Tetapi saat ini, mesin cuci modern memiliki program yang dirancang khusus untuk perawatan yang ditargetkan untuk berbagai kain dan pakaian.


Jadi, pertimbangkan model mesin Anda saat membaca petunjuk perawatan. Ini akan berguna dalam menyortir nanti dan dalam merencanakan siklus yang akan Anda gunakan.


Langkah 2: Sortir cucian Anda


Satu siklus tidak cocok untuk semua. Jenis kain yang berbeda memerlukan cara perawatan yang berbeda, jadi jangan mencampur semua pakaian Anda dalam satu kali cuci..


Sortir cucian Anda

Mengelompokkan pakaian menurut gelap dan terang


Meskipun tergoda untuk memasukkan semuanya sekaligus, penting untuk tidak melewatkan langkah ini karena ini akan sangat membantu menjaga bentuk, warna, dan kualitas pakaian Anda secara keseluruhan. Tergantung pada cucian Anda untuk hari itu, pisahkan ke keranjang yang berbeda.

 

Urutkan berdasarkan warna

 

Mengelompokkan pakaian menurut gelap dan terang. Jika ingin lebih teliti, pisahkan juga antara putih bersih dan jeans. Ini akan menghindari pewarna cerah tercampur ke pakaian Anda yang lain. Untuk yang baru, balikkan bagian dalam ke luar karena lebih mudah kehilangan warna pada pencucian pertama.

 

Urutkan berdasarkan kain

 

Kain yang berbeda tidak boleh dicuci, diaduk dan dikeringkan dengan cara yang sama seperti kain lainnya. Lindungi dari kerusakan dengan memisahkannya menurut berat dan/atau jenis kainnya.

 

Jangan mencampur barang yang lebih berat seperti handuk dan selimut dengan barang yang lebih ringan seperti pakaian dalam dan bahan halus. Pakaian penumpah serat dan yang menarik serat seperti serat mikro dan korduroi juga harus dipisahkan.

 

>>> Baca lebih lanjut:

 

 

Masukkan bahan halus dan pakaian kecil ke dalam tas cucian

 

Masukkan bahan halus atau barang kecil seperti sutra, renda, pakaian dalam ke dalam tas jaring untuk mencegah keausan saat bergesekan satu sama lain. Pakaian dengan ritsleting dan kancing dapat tersangkut, jadi sebaiknya jangan mencampurnya.

 

Langkah 3: Pilih pengaturan yang tepat

 

Pengaturan yang Anda pilih akan menentukan bagaimana pakaian Anda dicuci dan dipintal, dan bagaimana energi dan air Anda akan dihabiskan. Jadi, hindari menebak tombol mana yang harus ditekan.

 

Dapatkan hasil terbaik saat menggunakan mesin cuci 1 tabung Anda dengan mengenal semua fitur khususnya dan mengetahui mana yang harus dipilih.

 

Pilih suhu yang tepat

 

Suhu air sangat penting untuk membuat pakaian Anda bertahan lebih lama. Air panas lebih efektif menghilangkan bakteri. Tapi itu bisa menghabiskan lebih banyak energi, memudarkan warna, menghilangkan noda, dan mengecilkan pakaian.


Pilih suhu air yang tepatSuhu air sangat penting untuk membuat pakaian Anda bertahan lebih lama


Sebaiknya gunakan ini untuk barang-barang yang sangat kotor seperti kain pembersih dan handuk. Untuk sebagian besar barang, gunakan air dingin agar lebih lembut pada pakaian Anda, dan lingkungan.

 

Sementara sebagian besar khawatir bahwa air dingin tidak cukup efisien, keyakinan ini berasal dari apa yang diajarkan kepada Anda atau kebiasaan mencuci 'pilot otomatis'. Sebuah analisis menunjukkan bahwa mengurangi suhu pencucian menjadi 30°C dari 40°C dapat menghemat lebih dari 25kg emisi karbon per rumah tangga, per tahun.

 

Percaya diri pada mesin cuci Anda dan pikirkan kembali kebiasaan Anda. Kemungkinannya adalah aturan yang sudah lama dan mesin yang sudah tua yang lebih berbahaya daripada air dingin.

 

>>> Baca lebih lanjut: Berapa konsumsi watt listrik mesin cuci?

 

Pilih program yang tepat


Siklus mesin cuci yang Anda pilih akan menentukan bagaimana pakaian Anda dilindungi. Jika Anda memilih yang salah, Anda mungkin berakhir dengan kemeja pudar atau bahan halus yang rusak. Di sinilah pentingnya memeriksa label perawatan pada pakaian. Pastikan Anda mengikuti apa yang ditunjukkan untuk mendapatkan hasil terbaik dari mesin cuci 1 tabung Anda.

Program mesin cuci 1 tabung Electrolux

Siklus mesin cuci yang Anda pilih akan menentukan bagaimana pakaian Anda dilindungi


Program mesin cuci dirancang untuk secara khusus merawat kain tertentu, jadi sesuaikan siklus dengan cucian Anda. Apakah beban Anda sebagian besar terdiri dari orang kulit putih? Berwarna? Atau bahan halus?

 

Setiap siklus terdiri dari dua kecepatan yang berbeda:

 

  • Kecepatan pencucian saat pakaian ditumpahkan dengan air;
  • Kecepatan putaran saat cucian diputar untuk menghilangkan air.

 

Keduanya bervariasi per siklus tetapi sebagai aturan praktis, lebih banyak putaran memberikan lebih banyak daya pembersihan, dan lebih sedikit putaran memastikan lebih banyak perawatan kain.

 

Akan ada program mesin cuci yang berbeda per model atau merek, tetapi hampir semuanya memiliki program dasar:

 

  • Normal atau katun;
  • Mix;
  • Delicates

 

Berikut panduan untuk mesin cuci Electrolux:

 

Cycle Jenis Muatan
Cottons/Katun Katun putih dan berwarna
Mixed Item kain sintetis atau campuran
FullWash 60 Katun berwarna, mis. kemeja, blus, handuk, dan pakaian dalam dengan tingkat kekotoran normal
Wool / Handwash Program yang diuji secara khusus untuk pakaian wol dengan label "Woll baru murni, tidak menyusut, dapat dicuci dengan mesin"
Delicates Kain halus seperti akrilik, viscose, bahan poliester

 

Mesin cuci baru saat ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan fitur. Beberapa model Electrolux memiliki program mesin cuci yang dirancang khusus untuk kebutuhan Anda yang berbeda seperti Quick Cycles agar sesuai dengan jadwal Anda, siklus Woolmark Blue untuk wol yang hanya dapat dicuci dengan tangan, dan HygienicCare untuk menghilangkan hingga 99,9% alergen dan kuman.

 

Langkah 4: Tambahkan deterjen, pelembut, dan booster

 

Dalam memilih deterjen yang tepat, ketahuilah jika mesin cuci Anda membutuhkan jenis yang berefisiensi tinggi. Jika ya, cari produk dengan ikon HE. Mereka diformulasikan untuk mengurangi busa sabun sehingga Anda menggunakan lebih sedikit air.

 

Cara menggunakan pewangi, deterjen, pelembut kain, bahan pembersih lainnya dalam satu mesin cuci tabung berbeda berdasarkan yang Anda gunakan dan model mesin cuci Anda. Sebaiknya merujuk ke buku petunjuk mesin Anda tentang di mana dan bagaimana menambahkannya. Anda juga harus memeriksa kotak deterjen Anda untuk jumlah yang tepat untuk digunakan. Berikut panduan umum:

 

Cara menggunakan deterjen di mesin cuci front load

 

Mesin cuci front load biasanya memiliki dispenser tempat Anda dapat memasukkan hampir semua jenis deterjen. Anda dapat mengisi dengan deterjen cair atau bubuk, pods, pelembut kain, pemutih cair, dan penghilang noda. Jangan melebihi garis pengisian maksimum. Beberapa model mungkin memiliki kompartemen pod. Jika tidak, masukkan ke dalam tabung sebelum memasukkan pakaian.

 

Jangan khawatir pada jumlah yang benar untuk digunakan. Beberapa model Electrolux memiliki teknologi AutoDose yang secara otomatis dan tepat melepaskan dosis yang tepat berdasarkan berat cucian Anda. Ini mencegah overdosis yang dapat menyebabkan kerusakan pakaian dari waktu ke waktu.

 

Lihat beberapa tutorial video bermanfaat kami tentang cara menggunakan mesin cuci front load.

 

Cara menggunakan deterjen di mesin cuci 1 tabung bukaan atas / top load

 

Jika mesin cuci top load Anda memiliki dispenser, masukkan deterjen bubuk atau cair dan pelembut kain di sana. Beberapa bahkan memiliki kompartemen terpisah untuk cairan pemutih. Jangan melewati garis pengisian maksimum. Jika Anda tidak memiliki dispenser, tuangkan langsung ke dalam tabung sebelum memasukkan pakaian Anda. Nyalakan air sehingga mereka benar-benar larut untuk pembersihan yang paling efisien.

 

>>> Baca lebih lanjut: 10 perbedaan mesin cuci front loading dan top loading

 

Langkah 5: Isi mesin cuci Anda dengan pakaian dan nyalakan mesin cuci

 

Sekarang Anda akhirnya dapat memuat pakaian Anda. Jangan membebani tabung untuk memberi ruang pada barang untuk jatuh, dan agar air dapat bersirkulasi secara efektif.

 

Sebagai aturan praktis, sisakan ruang selebar tangan antara bagian atas drum dan cucian Anda. Ini juga yang terbaik untuk mendistribusikannya secara longgar di dalam. Periksa manual mesin cuci Anda untuk mengetahui seberapa banyak cucian Anda dapat benar-benar muat di sana.


Cara memuat mesin cuci Electrolux Anda

Sisakan ruang selebar tangan antara bagian atas drum dan cucian Anda


Untuk mendapatkan hasil terbaik untuk setiap siklus, beberapa model mengharuskan Anda untuk menunjukkan ukuran beban. Berikut panduannya:

 

  • Muatan kecil: sekitar ⅓ dari drum
  • Muatan sedang: sekitar ½ dari drum
  • Muatan besar: sekitar ¾ dari drum

 

Tonton video ini tentang cara memuat mesin cuci Electrolux Anda:

 

 

Kami baru saja memandu Anda melalui panduan lengkap tentang cara mencuci menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis. Petunjuk langkah demi langkah tentang cara menggunakan mesin cuci twin tub akan segera tersedia. Pastikan untuk mengunjungi Electrolux Indonesia secara teratur untuk mendapatkan lebih banyak tips dan saran bermanfaat dari para ahli kami.

 

Tips tambahan tentang cara menjaga mesin cuci Anda tetap bersih

 

Pakaian Anda seharusnya tidak hanya menjadi satu-satunya yang bersih. Setelah mencuci, jangan lupa untuk membersihkan mesin cuci Anda agar tetap berfungsi dengan baik lebih lama.

 

  1. Setelah siklus pemerasan, segera keluarkan pakaian dari mesin cuci untuk mencegah pembentukan jamur di drum Anda.
  2. Setelah setiap sesi cucian, biarkan pintu bukaan depan Anda terbuka untuk sirkulasi udara.
  3. Sebulan sekali, gunakan pembersih mesin cuci untuk pembersihan yang lebih dalam. Tempatkan di dispenser deterjen atau drum, lalu jalankan siklus terpanas atau program pembersihan khusus. Model Electrolux memiliki siklus Tub Clean atau Clean Washer.

 

Tonton video ini tentang cara membersihkan dan merawat mesin cuci bukaan depan Anda:

 

 

>>> Baca lebih lanjut:

 

 

Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung: Ingat dasar-dasar ini

 

Meskipun mesin cuci sangat berbeda dalam hal penanganan dan program khususnya, ini adalah dasar-dasar yang perlu Anda ketahui untuk mengoperasikan model apa pun dengan benar. Pada akhirnya, cara Anda mencuci pakaian tergantung pada mesin cuci yang Anda pilih.

Yang tepat harus lebih dari mampu untuk memenuhi semua kebutuhan Anda dan membuat mencuci tidak terlalu merepotkan. Mesin cuci Electrolux dilengkapi dengan fitur khusus yang membuat cucian jauh lebih mudah tanpa mengurangi kinerja.

Pertahankan penampilan Anda, pertahankan masa depan Anda dengan seri mesin cuci Electrolux UltimateCare. Temukan kampanye Make it Last - Care kami yang bertujuan untuk memberi pakaian Anda umur yang lebih panjang, untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.



Temukan beberapa mesin cuci terlaris kami:

  • UltraEco menggunakan 70% lebih sedikit energi*.
  • Atur siklus cepat agar sesuai dengan jadwal Anda.
  • Tambahkan pakaian hingga 15 menit setelah siklus dimulai.
  • UltraEco menggunakan 70% lebih sedikit energi*.
  • Atur siklus cepat agar sesuai dengan jadwal Anda.
  • Tambahkan pakaian hingga 15 menit setelah siklus dimulai.
  • Tidak ada lagi residu deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • Motor EcoInverter menggunakan 50% lebih sedikit energi*.
Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999