Panduan pembelian kompor tanam

Dalam hal memasak, tersedianya kompor tanam yang andal adalah suatu keharusan. Membeli kompor tanam baru bisa membingungkan bila Anda sudah lama tidak membeli kompor tanam. Mungkin berbagai hal telah berubah dan terdapat hal-hal baru yang harus dipertimbangkan saat memilih kompor tanam.

blog-jan-1.jpg

Kami telah membuat suatu panduan pembelian bermanfaat untuk membantu Anda memilih kompor tanam yang bagus, baik berupa kompor tanam induksi atau gas, yang sesuai dengan cara memasak Anda dan keluarga. Lihatlah tips memilih kompor tanam gas tanam dari kami untuk dapur Anda.

1. Pemilihan ukuran kompor tanam: hal-hal yang perlu diperhatikan

Saat mencari-cari kompor tanam baru, adalah penting untuk mempertimbangkan semua elemen ukurannya. Tidak hanya lebar kompor tanam yang harus dipertimbangkan, namun juga jumlah beragam tungku yang ditawarkannya dan apakah kompor tanam tersebut memiliki fleksibilitas.

induction-faq9-544x306.jpg

Ukuran standar kompor tanam adalah 60 cm, yang cukup untuk rumah tangga pada umumnya, namun ada merek-merek yang menawarkan kompor tanam kecil hingga 30 cm, sedikit lebih besar dengan ukuran 70 cm, dan yang paling besar berukuran 90 cm. Anda bisa saja memasangkan kompor tanam gas atau induksi 30 cm dengan kompor tanam berukuran 60 cm yang akan memberikan fleksibilitas tinggi di dapur.

Berkenaan dengan tungku, umumnya ada 4 buah. Namun Anda juga bisa menerapkan kombinasi lain berikut:

●  3 tungku - 2 kecil dan 1 besar
●  4 tungku - berbeda-beda ukuran dengan salah satunya dengan ukuran yang bisa diganti-ganti antara kecil dan besar
●  4 tungku - berbeda-beda ukuran dengan 2 bisa menjadi 1 zona besar

2. Jenis-jenis kompor tanam

Kompor tanam induksi

Walaupun bukan merupakan kompor tanam paling populer saat ini, popularitas memasak dengan induksi terus meningkat dengan integrasinya dengan desain dapur paling modern. Dengan kontrol temperaturnya yang presisi dan kinerja keseluruhan yang efisien, memasak dengan induksi menjadi populer dalam banyak hal.

Temukan lebih banyak informasi bermanfaat dalam artikel kami tentang Hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kompor tanam induksi.

Ideal untuk:

●  Keluarga kecil - keluarga besar
●  Kehidupan di apartemen
●  Properti sewaan

Berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat membeli kompor tanam induksi:

Merebus atau panas tinggi dalam waktu singkat

PowerBoost mendidihkan cairan atau memberikan panas tinggi hanya dalam beberapa detik, yang membebaskan waktu Anda untuk kegiatan di dapur atau lainnya.

Mulus dan cantik dengan kontrol presisi

Dengan permukaan datar yang mudah dibersihkan, suatu kompor tanam induksi tidak hanya menawarkan desain yang menyatu sempurna dengan estetika dapur manapun, tapi juga kontrol temperatur lengkap hanya dengan menggeser jari.

Keamanan adalah hal utama

Keamanan bekerja di dapur merupakan hal paling utama. Kompor tanam induksi dilengkapi dengan indikator panas sisa sehingga Anda akan tahu bila kompor tanam telah benar-benar dingin dan terdapat fitur pengaman anak yang mengunci kontrol kompor tanam sehingga tangan-tangan kecil tidak akan menciptakan masalah di dapur.

Satu sentuhan untuk berhenti sejenak

Fungsi pause menjadi praktis bila Anda harus meninggalkan dapur sejenak. Dengan satu sentuhan pada tombol, semua tungku yang aktif akan turun dayanya ke tingkat panas terendah agar makanan tetap hangat tapi tidak hangus.

Tidak ada risiko sekring jatuh

Fungsi pengaturan daya membantu membagi beban listrik secara otomatis antara tungku ketika pemakaian daya hampir mencapai batas.

Tempatkan panci, aktifkan kontrol

Bukankah menyenangkan bila kompor tanam dapat menyesuaikan diri dengan gaya memasak Anda, bukan sebaliknya? Sensor-sensor secara otomatis mendeteksi di mana panci ditaruh di permukaan pemanas dan menyalakan kontrolnya.

Pilihlah kompor tanam induksi yang bagus dari produk-produk rekomendasi kami berikut ini:

Promo
  • Permukaan kaca aman disentuh bahkan pada saat sedang memasak
  • Memasak berbagai makanan dengan banyak pengaturan daya.
  • Memasak lebih cepat dengan pemanasan cepat.
Promo
  • PowerBoost memberikan panas yang cepat dan kuat.
  • Induksi berarti aman, cepat, dan hemat energi.
  • Deteksi panci induksi menyalakan kontrol di zona memasak.
Promo
  • PowerBoost memberikan panas yang cepat dan kuat.
  • Induksi berarti aman, cepat, dan hemat energi.
  • Deteksi panci induksi menyalakan kontrol di zona memasak.

>>> Temukanlah video tutorial yang bermanfaat mengenai kompor tanam induksi Electrolux

Kompor tanam gas

Memberikan panas cepat dan tinggi, kompor tanam gas sangat populer di antara peminat memasak dan rumah tanggal yang lebih tradisional. Dengan dilengkapi pemantik elektrik, Anda dapat langsung mulai memasak seketika. Kelebihan utama memasak menggunakan gas adalah adanya tampilan yang jelas panas yang timbul dari nyala api.

Berikut ini beberapa tips cara memilih kompor tanam gas terbaik untuk memasak makanan dengan merata.

Ideal untuk:

●  Keluarga
●  Entertainer (ruang jamuan makan)
●  Koki rumahan serius

Pastikan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut saat membeli kompor tanam gas:

Gunakan panas tinggi untuk mendapatkan makanan yang kaya rasa

Dengan wok burner (tungku wajan), Anda dapat memasak dengan panas tinggi dan distribusi api yang merata. Dengan kisaran 14-19 MJ/jam Anda bisa mengunci rasa dalam makanan saat memasak dengan gas.

Api padam. Gas berhenti.

Saat memasak dengan gas, kadangkala apinya akan padam tanpa dikehendaki. Perangkat pengaman api padam Electrolux secara otomatis akan menutup aliran gas sehingga keluarga Anda aman dari buruknya kualitas udara.

Kontrol nyala api fleksibel

Tombol putar besar dirancang untuk fleksibilitas maksimum di ujung jari namun tetap menjamin kontrol nyala api yang presisi untuk hasil memasak yang sempurna setiap saat.

Kokoh dan stabil

Penyangga besi cor yang kokoh memastikan panci dan wajan tetap stabil saat memasak.

Pilihlah kompor tanam gas yang bagus dari produk-produk rekomendasi kami berikut ini:

  • Api biru menyala secara efisien untuk menurunkan biaya energi.
  • Tungku berdaya tinggi sangat ideal untuk menggoreng.
  • Permukaan kaca keramik yang tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Api biru menyala secara efisien untuk menurunkan biaya energi.
  • Tungku berdaya tinggi sangat ideal untuk menggoreng.
  • Permukaan kaca keramik yang tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Api biru menyala secara efisien untuk menurunkan biaya energi.
  • Tungku berdaya tinggi sangat ideal untuk menggoreng.
  • Permukaan kaca keramik yang tahan lama dan mudah dibersihkan.

3. Desain kompor tanam & pertimbangan lainnya

Sebagai tambahan pada tips memilih kompor tanam yang bagus di atas berkenaan dengan jenis energi dan jumlah tungku, juga terdapat faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut:

Biaya instalasi

Satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembelian alat rumah tangga adalah biaya instalasi atau perubahan dapur untuk memasang alat tersebut.

Dalam hal kompor tanam gas, Anda perlu memastikan bahwa terdapat saluran gas dan apakah pasokan gas Anda berupa gas alam atau elpiji untuk memastikan kompatibilitas kompor tanam yang Anda pilih. Bila Anda cenderung memilih memasak dengan induksi di dapur, Anda perlu memastikan bahwa terdapat kapasitas arus dan sirkuit listrik yang cukup untuk mencatu kompor tanam induksi.

23.jpg

Investasi alat memasak baru

Sebagian besar alat memasak modern bisa digunakan untuk memasak induksi, namun masih banyak juga yang tidak sesuai. Hal ini berarti Anda perlu membeli panci dan wajan baru.

Sebelum melakukan kalkulasi kasar tentang biaya ekstra tersebut, ambillah sebuah magnet dan periksa apakah alas panci dan wajan Anda bisa menarik magnet tersebut. Bila bisa, Anda dapat langsung memasak dengan induksi tanpa membeli perangkat baru.

4. Jaminan & servis

Garansi

Dengan tunduk kepada syarat-syarat dan ketentuan yang ada, kompor tanam Electrolux disertai dengan garansi 12 bulan di Indonesia sejak tanggal pembelian. Klik di sini untuk melihat Syarat dan ketentuan.

Dukungan & servis

Tersedia tim Layanan Konsumen untuk membantu Anda melalui panggilan telepon tujuh hari seminggu, dan jaringan nasional teknisi dan agen servis berpengalaman. Tersedia jaminan harga tetap tanpa biaya tenaga kerja tersembunyi, yang memberikan ketenangan pikiran dengan yakin bahwa peralatan dapur Anda berada di tangan ahlinya. Klik di sini untuk menghubungi layanan konsumen. Klik di sini untuk memesan jasa servis online.

5. Pemilihan ukuran kompor tanam

Apa itu kompor tanam induksi?

Kompor tanam induksi adalah suatu kompor tanam elektromagnetik dengan permukaan datar yang menjamin pemanasan cepat menggunakan pemanasan induksi langsung pada alat memasak. Kompor tanam induksi merupakan kompor tanam yang tampil menyatu, irit biaya, dan hemat waktu.

Dengan kompor tanam induksi, panas terbentuk instan karena panci dipanaskan oleh medan magnet, bukan oleh nyala api atau elemen pemanas listrik. Ini menjadikan panci atau wajan sebagai sumber panas, bukan permukaan kompor tanam, sehingga panci menjadi panas lebih cepat dan lingkungan memasak yang tercipta lebih aman bagi Anda dan keluarga.

Bagaimana cara kerja memasak dengan induksi?

Saat suatu panci atau wajan ditaruh di atas kompor tanam induksi, suatu arus listrik mengalir melalui kumparan kawat tembaga yang terletak di bawah plat keramik.

Apakah saya perlu panci dan wajan baru?

Untuk memastikan panci anda cocok dengan kompor tanam induksi, panci tersebut harus memiliki kemampuan magnetik. Ini dapat diuji dengan mudah dengan menempelkan magnet di bawah panci untuk mengetahui apakah panci tersebut menarik magnet. Bila ya, maka panci tersebut bisa dipakai untuk kompor tanam induksi.

Apakah memasak dengan induksi lebih baik dari memasak dengan gas?

Memasak induksi memberikan kontrol temperatur yang presisi. Pengaturan energi kompor tanam induksi lebih presisi dibandingkan kompor tanam gas atau listrik. Belum lagi fleksibilitas untuk mengakomodir berbagai jenis alat memasak (panci dan wajan dengan kemampuan magnetik).

Memasak dengan induksi juga sangat efisien karena hanya sedikit energi panas yang terbuang - tidak seperti nyala api terbuka di mana panas menjalar ke sekeliling alat memasak dan hanya sedikit panas sisa yang tertinggal saat alat memasak diangkat.

Masih ragu mana yang tepat bagi Anda? Bacalah tulisan ini mengenai perincian lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan kompor tanam induksi, kompor tanam gas, dan kompor tanam keramik.

Bagaimana cara membersihkan kompor tanam induksi?

Berikut ini tips sederhana untuk membersihkan dan merawat kompor tanam induksi:

●  Pastikan kompor tanam telah dimatikan sebelum dibersihkan.
●  Biarkan kompor tanam menjadi dingin sebelum dibersihkan.
●  Bubuhkan sedikit zat pembersih kompor tanam keramik kaca pada kompor tanam.
●  Gunakan spons lembap untuk mengelap tumpahan pada kompor tanam.
●  Lap kompor tanam menggunakan lap bersih dan kering.
Beli

    Beli Di Toko

    (0804) 111 9999