title background

Cara membersihkan oven microwave: 5 hacks mudah

8 menit membaca |

Cara membersihkan microwave oven dengan lemon


Apakah Anda menunda membersihkan microwave sampai benar-benar kotor? Sangat mudah untuk menutupi kotornya microwave saat Anda menutup pintunya, tetapi bagaimana dengan bau dan bakterinya? Minyak yang menguap, tumpahan, dan cipratan dapat meninggalkan bau campuran dari makanan lama yang dapat merusak masakan yang Anda masak di kemudian hari. 


Membersihkan microwave oven itu mudah. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit, dan ada berbagai cara yang dapat Anda coba tergantung pada bahan yang Anda miliki. Electrolux Indonesia memberikan lima cara mudah membersihkan microwave oven.


1. Cara membersihkan microwave oven dengan lemon


Langkah 1: Siapkan peralatan yang diperlukan


Inilah yang Anda butuhkan:
  • 1 lemon
  • 1 gelas air
  • Kain mikrofiber 


Langkah 2: Gulung untuk air lemon yang lebih banyak


Gulung lemon di atas meja menggunakan tangan atau alat penggulung adonan roti (rolling pin), untuk membantu membuka sekat-sekat pada lemon. Setelah digulung, lemon akan lebih empuk dan mudah diperas sehingga akan menghasilkan lebih banyak air.


Langkah 3: Peras jus lemon ke dalam mangkuk tahan microwave


Potong menjadi dua dan peras ke dalam mangkuk yang aman untuk microwave. Tambahkan satu gelas air. Biarkan juga bagian lemon berada di dalam mangkuk.

Langkah 3: Peras jus lemon ke dalam mangkuk tahan microwave


Langkah 4: Microwave selama 5 menit


Taruh mangkuk di dalam microwave dan panaskan selama lima menit. Setelah selesai, diamkan selama 10 menit agar uap menyebar ke seluruh bagian oven. Lemon juga berfungsi sebagai pewangi alami, menghilangkan bau dan membuat microwave berbau segar.


Langkah 5: Bersihkan interior dan eksterior dengan larutan air lemon


Cabut microwave. Keluarkan mangkuk panas dan meja putar dengan hati-hati. Celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan air lemon, lalu lap bagian dalam microwave dan meja putar. Dengan kain bersih, bersihkan bagian dalam dan luar.

Lemon juga merupakan pewangi kulkas ramah lingkungan. Lihat postingan kami tentang bagaimana cara menghilangkan bau kulkas dengan lemon dan penyerap bau alami lainnya.


2. Cara membersihkan microwave oven dengan sabun cuci piring


Langkah 1: Siapkan peralatan yang diperlukan


Yang Anda butuhkan:
  • Sabun cuci piring
  • Air hangat
  • Spons 
  • Kain microfiber 


Langkah 2: Lepaskan semua komponen yang dapat dilepas


Mulailah proses dengan melepas semua bagian yang dapat dilepas, termasuk meja putar dan rak, untuk dicuci dengan tangan menggunakan sabun cuci piring.


Langkah 3: Keluarkan remah-remah makanan dari bagian dalam microwave


Dengan kain lembap, bersihkan bagian dalam untuk menghilangkan sisa makanan dan remah-remah sebelum membersihkannya secara mendalam.


Langkah 4: Bersihkan bagian dalam dengan sabun cuci piring


Dalam mangkuk, campurkan air hangat dan sabun cuci piring. Aduk hingga berbusa, lalu celupkan spons. Usap dengan Gerakan melingkar, mulai dari atas lalu ke bawah. Larutan sabun hangat akan menyerap lemak. Pastikan Anda menghindari ventilasi.


Langkah 5: Bersihkan sisa sabun dan bagian luarnya


Dengan kain lembap yang baru, bersihkan kembali bagian dalam untuk menghilangkan sabun. Jangan lupakan juga bagian luar microwave. Terakhir, bersihkan semuanya hingga kering dengan kain bersih. Hal tersebut juga dapat mencegah goresan.


3. Cara menghilangkan bau dari microwave dengan baking soda


Langkah 1: Siapkan peralatan yang diperlukan


Yang Anda butuhkan:
  • 2 sdm soda kue
  • 1 gelas air hangat 
  • Kain mikrofiber  


Langkah 2: Microwave baking soda-water resolution for five minutes


Campur soda kue dan air dalam mangkuk yang aman untuk microwave. Microwave selama 5 menit dengan suhu tinggi. Soda kue cukup kuat untuk menghilangkan bau membandel dan menghilangkan kotoran.


Langkah 3: Keluarkan semua komponen yang dapat dilepas dan bersihkan dengan kain lembap


Cabut microwave. Dengan hati-hati keluarkan mangkuk, meja putar, dan rol penopang berupa karet berbentuk lingkaran.

Lap microwave dengan kain lembap, termasuk meja putar. Untuk kotoran yang sangat membandel, gosok perlahan dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan soda kue.


Langkah 4: Bersihkan bagian luar microwave


Kembalikan meja putar, lalu bersihkan bagian luar microwave dengan kain kering.

>>> Simak beberapa resep masakan sederhana menggunakan microwave oven


4. Cara menghilangkan bau microwave dengan cuka putih


Langkah 1: Siapkan peralatan yang diperlukan


Ini yang Anda butuhkan:
  • 2 sdm cuka putih suling
  • 2 gelas air
  • Kain mikrofiber 
  • Minyak esensial (opsional) 


Langkah 2: Panaskan larutan air cuka selama 5 menit


Campurkan cuka dan air dalam mangkuk yang aman untuk microwave. Tidak suka bau cuka? Tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Masukkan ke dalam microwave dan panaskan dengan daya tinggi selama lima menit. Jika sudah mendidih, biarkan. Sebaliknya jangan mengentikan proses pemanasan untuk melembutkan semua kotoran secara efektif.


Langkah 3: Tunggu selama 10 menit sebelum mengeluarkan komponen atau aksesoris oven untuk dibersihkan


Setelah selesai, diamkan selama 10 menit. Cabut microwave dan lepaskan mangkuk, rol penopang, dan meja putar. Menggunakan kain mikrofiber lembap, bersihkan secara perlahan semua bagian dari microwave, termasuk meja putar. Hindari ventilasi.


Langkah 4: Bersihkan bagian luar microwave


Bersihkan bagian luar microwave dengan kain mikrofiber kering.

>>> Baca selengkapnya: Cara menggunakan microwave oven secara efetif dan nyaman


5. Cara membersihkan pintu microwave oven dengan pembersih jendela


Langkah 1: Siapkan peralatan yang diperlukan


Ini yang Anda butuhkan:
  • 1 cangkir pembersih jendela bebas amonia
  • 1 gelas air hangat
  • Spons
  • Kain mikrofiber


Langkah 2: Campurkan air hangat dengan pembersih jendela


Dalam mangkuk tahan microwave, campurkan air hangat dan pembersih jendela dengan perbandingan yang sama. Celupkan spons ke dalam larutan tersebut dan peras. Spons harus lembap, tidak basah.


Langkah 3: Bersihkan pintu oven microwave


Lap bagian dalam dan luar pintu microwave untuk menghilangkan minyak dan kotoran. Pastikan Anda meletakkan microwave di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, atau hal tersebut akan menyebabkan goresan. Keringkan kedua sisi dengan kain mikrofiber kering.

*Catatan: Pembersih oven profesional mungkin diperlukan untuk memberkan perawatan terbaik pada permukaan oven microwave oven Anda

Bersihkan pintu oven microwave


6. Seberapa sering Anda harus membersihkan microwave oven?


Rata-rata, pembersihan mendalam seminggu sekali sudah cukup untuk mencegah bau dan bakteri. Jika Anda sering menggunakannya atau tidak segera mempersihkan kotoran, Anda mungkin perlu melakukan pembersihan lebih banyak. Anda bahkan dapat membesihkannya satu bulan sekali jika Anda mempraktikan kebiasaan membersihkan yang baik.

Selalu ingat semakin sering Anda membersihkan microwave setiap habis digunakan meskipun hanya terdapat sedikit kotoran, akan mempermudah dan menghindarkan Anda dari rumitnya membersihkan kotoran yang banyak dan sulit dibersihkan. Jangan biarkan tumpahan makanan dan minuman terlalu lama.

Seberapa sering Anda harus membersihkan microwave oven?

>>> Lihat tips pembersihan lainnya dari Electrolux:


7. FAQs tentang cara membersihkan microwave oven


8. Enam tips tambahan untuk menjaga microwave Anda berbau segar lebih lama


Selalu tutupi makanan


Dengan mangkuk, handuk kertas atau tisu dapur, atau penutup plastic tahan microwave, tutupi makanan untuk mengindari ruang microwave terkena cipratan. Hal tersebut akan meminimalisir pembersihan.

Selalu tutupi makanan


Perhatikan makanan yang mudah tumpah dan berceceran


Saus, susu, dan makanan berlemak dapat dengan mudah mendidih dan terciprat. Selain menutupinya, letakkan piring di bawahnya untuk menampung tumpahan.


Bersihkan tumpahan dengan segera


Biasakan hal ini dengan menyediakan gulungan tisu di dekat microwave. Hal ini memudahkan Anda untuk membersihkan, dan Anda akan sulit untuk Anda membiarkannya kotor.


Atur ke daya rendah


Pengaturan daya tinggi dapat membuat makanan mendidih atau berceceran. Gunakan watt yang lebih rendah dan cukup perpanjang waktu pemanasan.


Biarkan pintu terbuka


Hal ini mengurangi kelembapan dan bau, terutama setelah memanaskan kembali atau memasak makanan dengan bau yang menyengat.

Selalu tutupi makanan
Jangan lupakan eksteriornya


Bersihkan pintu, pegangan pintu, panel sentuh, dan bagian lain di luar dan di bawah microwave Anda. Bagian tersebut bisa jadi berminyak jika Anda sering memanaskan makanan berminyak.


9. Mulai saja


Microwave oven adalah alat hemat waktu yang dapat Anda gunakan untuk memasak makanan dengan praktis dan nyaman. Membersihkannya sebenarnya juga bukanlah hal yang sulit. Yang Anda butuhkan hayalah bahan pokok dapur dan yang paling penting adalah kemauan untuk memulai. Sekarang, setelah Anda tahu bagaimana cara membersihkan microwave oven, semuanya ada di tangan Anda.

Butuh sesuatu yang lebih mudah? 30L grill microwave oven Electrolux UltimateTaste 700 memungkinkan Anda melakukan pekerjaan cepat untuk menjaganya tetap segar dengan fungsi built-in deodoriser atau penghilang bau. Setelah setiap kali digunakan, hilangkan bau dengan menekan satu tombol dan voila – Anda siap memasak hidangan berikutnya.
  • Teknologi inverter memasak secara merata dan efisien.
  • Fungsi konveksi untuk memanggang daging atau kue.
  • AirFry makanan Anda untuk gorengan tanpa minyak.


Lihat tips lainnya di Cara memilih microwave yang bagus untuk dapur Anda.

Beli
    (0804) 111 9999