title background

10 Tips Mudah Tentang Bagaimana Cara Merawat Pakaian yang Baik

7 menit membaca |

6. Gunakan program yang tepat

Setiap orang mungkin memiliki pakaian yang berdebu di bagian belakang lemari mereka - tampak tua, melar, bernoda, atau pudar. Banyak dari pakaian tersebut adalah pakaian yang baru dibeli beberapa bulan lalu. Sembilan puluh persen pakaian kita benar-benar dibuang jauh sebelum masa pakai yang diinginkan.

Hal ini tidak hanya membuang-buang uang, tetapi juga berkontribusi pada fast fashion dan kerusakan lingkungan jika Anda menggunakan terlalu banyak air, energi, dan deterjen. Dengan menerapkan kebiasaan kecil setiap hari saat mencuci, Anda dapat membantu pakaian Anda dan planet ini hidup lebih lama.

Hari ini Electrolux Indonesia akan membagikan 10 tips mudah tentang bagaimana cara merawat pakaian yang baik.

1. Baca label perawatan pakaian

Kain yang berbeda membutuhkan suhu air yang berbeda untuk mempertahankan warna, membersihkan, menghilangkan noda dan kotoran yang berat. Sebagai aturan umum, gunakan air panas untuk menghilangkan bakteri dan air dingin untuk membersihkan pakaian berbahan lembut dan berwarna cerah.

Luangkan waktu sebentar untuk membaca label perawatan pada setiap pakaian. Anda akan menemukan informasi yang diperlukan untuk memilih suhu air terbaik dan jenis siklus pencucian. Sangat penting untuk mengikuti rekomendasi pada label untuk menentukan masa pakai pakain Anda.

Petunjuk langkah demi langkah dapat ditemukan di blog kami tentang Cara menggunakan mesin cuci 1 tabung otomatis.

2. Pisahkan cucian kotor

Memilah cucian kotor dengan benar adalah hal berikutnya yang perlu Anda ketahui untuk merawat pakaian dengan baik. Setelah membaca label, saatnya memilah pakaian kotor berdasarkan warna, berat bahan, dan suhu pencucian.

Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dalam menghilangkan noda, mempertahankan warna, dan melindungi kain berbahan halus jika Anda mencuci jenis kain yang sama secara bersamaan. Anda dapat memulainya dengan memisahkan warna putih, warna gelap, warna terang, dan cuci kering saja.

3. Bersihkan di tempat

Jangan biarkan noda menempel terlalu lama. Semakin lama noda menempel, semakin besar kemungkinan sulit dibersihkan. Cegah hal ini dengan perawatan segera menggunakan penghilang noda alami.

Cukup rendam noda dengan cuka, gosok noda dengan pasta yang terbuat dari campuran cuka dan soda kue dengan perbandingan yang sama, lalu masukkan ke dalam mesin cuci untuk pembilasan dingin.

Tips lainnya adalah selalu membawa pena penghilang noda. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghindari noda seperti anggur merah atau noda makanan yang merusak pakaian favorit Anda.

3. Bersihkan di tempat

4. Cuci lebih sedikit

Tidak semua pakaian harus dimasukkan ke dalam mesin cuci setelah dipakai. Jeans, sweater, dan mantel dapat dipakai berkali-kali sebelum dicuci. Justru jika sering dicuci, putaran mesin cuci dan air dapat merusaknya. Baca postingan kami tentang cara mencuci jaket di mesin cuci untuk tips lainnya seputar membersihkan pakaian.

Ukur apakah Anda berkeringat atau menghabiskan banyak waktu di luar ruangan saat menggunakan suatu pakaian. Jika tidak, Anda tidak perlu melakukan pencucian pada saat itu — plus pakaian terawat dan terlihat baru lebih lama.

5. Jangan membebani mesin cuci Anda

Mencuci saat Anda tidak memiliki beban cucian yan cukup jelas membuang-buang air, namun memasukkan seluruh isi lemari pakaian dan memenuhi mesin secara berlebihan juga tidak baik untuk pakaian Anda.

Pakaian tidak hanya tidak dicuci dengan benar, tetapi juga akan bergesekan satu sama lain dan menyebabkan kerusakan dan pudar. Selain itu, detergen tidak akan terpakai secara efektif.

Menyesuaikan beban cucian yang sesuai adalah salah satu tips terpenting tentang bagaimana cara menghemat daya listrk mesin cuci.

6. Gunakan program yang tepat

Rasio air dan waktu siklus yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada pakaian Anda sementara menggunakan lebih banyak energi yang tidak perlu berpengaruh buruk pada biaya listrik dan lingkungan. Mesin cuci terbaru saat ini hadir dengan teknologi modern untuk menyesuaikan waktu, air, dan energi secara otomatis tergantung pada beban cucian Anda untuk perawatan yang paling optimal.

Cara mencuci pakaian & kain halus seperti sutra, renda, dan wol dengan mesin cuci Electrolux

Mesin cuci UltimateCare 700 dari Electrolux dipilih oleh banyak konsumen di Indonesia berkat teknologi SensiCare yang dapat secara otomatis mengoptimalkan pengaturan untuk menyesuaikan beban cucian. Lihat beberapa model mesin cuci UltimateCare 700 terlaris kami di bawah ini:

  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • SensorWash dengan AI menghilangkan 49 noda berbeda yang terlihat*.
  • Tidak ada lagi sisa deterjen yang terlihat dengan UltraMix*.
  • HygienicCare menghilangkan 99,9% alergen dan kuman*.
  • StainCare menghilangkan 40 noda berbeda yang terlihat*.
  • UltraMix mencegah residu deterjen yang terlihat*.
  • PowerJet memastikan pencucian dan pembersihan yang sempurna.

7. Jangan gunakan deterjen terlalu banyak

Mengetahui cara memilih detergen untuk mesin cuci front loading dengan baik juga penting untuk menjaga kualitas pakaian Anda.

Detergen yang berlebihan menyebabkan busa yang juga berlebih, yang justru dapat berakibat buruk bagu pakaian Anda. Menambahkan terlalu banyak detergen ke mesin cuci Anda dapat membuat pakaian tidak bersih, atau lebih buruk lagi: membuatnya lebih kotor dari sebelumnya.

8. Kuasai proses menyetrika

Ada beberapa potong pakaian yang perlu disetrika, terutama pakaian kerja. Penyetrikaan yang tepat penting untuk menjaganya tetap terlihat rapi. Namun, ada banyak hal yang bisa salah dalam proses menyetrika.

Pelajari cara merawat pakaian Anda dengan benar dengan proses menyetrika dasar berikut ini:

  • Pertama, periksa label perawatan pada pakaian untuk mengetahui apakah pakaian tersebut dapat disetrika
  • Kemudian, periksa manual produk steamer atau setrika pakaian Anda untuk instruksi penggunaan yang benar
  • Untuk pakaian biasa, periksa label perawatan pada pakaian Anda untuk mengetahui suhu penyetrikaan yang sesuai
  • Terakhir, atur urutan penyetrikaan agar pekerjaan menjadi efisien. Anda dapat menggunakan urutan kerah, lengan, kemudian area lainnya.

Jika Anda mencari setrika berkualitas baik, lihat beberapa setrika kering Electrolux di bawah ini:

  • Tapak setrika anti lengket untuk menyetrika dengan mulus dan mudah.
  • Kontrol superior dengan pegangan dan alas karet.
  • Expert ProTip memungkinkan Anda mengakses area yang sulit.
  • Tapak setrika anti lengket untuk menyetrika dengan mulus dan mudah.
  • Kontrol superior dengan pegangan dan alas karet.
  • Expert ProTip memungkinkan Anda mengakses area yang sulit.

9. Ketahui cara menyimpan pakaian Anda

Pakaian juga membutuhkan ruang bernapas, terutama yang memiliki serat alami seperti katun, linen, sutra, dan wol. Penting untuk disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik untuk mencegah jamur.

Ketika menggantungnya dapat mempertahankan bentuk dan membuatnya bebas kerut, pastikan Anda menggunakan gantungan kayu atau hanger dengan bantalan empuk (Padded Hanger). Pakaian berat seperti sweter dapat disimpan dengan cara dilipat agar tidak melar.

>>> Posting terkait: Cara mencuci coat wool

9. Ketahui cara menyimpan pakaian Anda

10. Jaga pakaian Anda dalam kondisi kering

Iklim yang lembap memberikan kondisi yang optimal bagi pertumbuhan jamur, jadi bukalah pintu lemari pakaian Anda sesekali untuk memungkinkan sirkulasi udara. Selain itu, setelah mencuci pakaian, pastikan pakaian benar-benar kering sebelum menyimpannya.

Lihat rangkaian mesin pengering pakaian jenis heat pump dan vented kami:

Baru
  • SensiCare melindungi pakaian dari pengeringan berlebihan.
  • ReverseTumbling mengurangi kerutan untuk memudahkan proses setrika.
  • ColourCare mengurangi pemudaran hingga 80%*.
  • ReverseTumbling mengurangi kerutan hingga 1/3.*
  • Sensor yang menyesuaikan siklus pengeringan untuk mengurangi keausan pakaian.
  • ColourCare mengurangi pemudaran warna pakaian hingga 80%*.
  • ReverseTumbling mengurangi kerutan hingga 1/3.*
  • Sensor yang menyesuaikan siklus pengeringan untuk mengurangi keausan pakaian.
  • ColourCare mengurangi pemudaran warna pakaian hingga 80%*.

Pilih mesin cuci yang tepat = Rawat pakaian Anda dengan baik

Kami baru saja memandu Anda mengenai 10 tips dasar tentang cara merawat pakaian agar tahan lama. Sekarang mari tingkatkan perawatan cucian harian Anda ke level berikutnya dengan mesin cuci Electrolux UltimateCare.

Tidak perlu menebak-nebak karena mesin cuci front loading dan mesin cuci top loading kami menawarkan beberapa program untuk memastikan pakaian Anda mendapatkan perawatan yang tepat. Mesin cuci Electrolux juga dilengkapi dengan teknologi SteamCare yang menambahkan uap di akhir pencucian untuk mengurangi kerutan hingga sepertiganya. Dan dengan demikian, pakaian Anda hanya membutuhkan sedikit proses penyetrikaan, sehingga pakaian Anda lebih awet karena terhindar dari panas berlebih saat proses penyetrikaan.

Plus, mengadopsi praktik berkelanjutan adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan, karena ketika Anda membantu pakaian Anda hidup lebih lama, planet ini juga demikian. Rawat keduanya dengan mesin cuci Electrolux!

>>> Tip mencuci yang berguna untuk merawat pakaian Anda dengan baik:

Beli
    (0804) 111 9999